Fransiskus Diaan Minta Jalan Empanang - Puring Kencana Diperhatikan Oleh Pemerintah Pusat

MenaraToday.Com -  Kapuas Hulu :

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H dengan beberapa jajaran OPD menghadiri Reses ke - IV tahun sidang 2020-2021 anggota DPR - RI Cornelis, SH., MH di Aula Pasar Badau Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat., Kamis (22/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Agato Limbat, mengucapkan terimakasih kepada Cornelis SH, MH berserta rombongan, karena pada tahun ini berkenan melaksanakan reses di perbatasan Badau - Indonesia. 

Pada kesempatan itu juga, Kabid PLBN menyampaikan beberapa data aktivitas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dari tahun 2018 - 2021

"Pada tahun 2019 - 2021, terjadi penurunan aktivitas di perbatasan karena kondisi Covid- 19 serta penutupan perbatasan di Indonesia maupun di Malaysia. "kata Agato Limbat dalam sambutannya.

Selain itu, Ia menyampaikan banyak pedagang yang tutup karena sepinya pengunjung karena kondisi Covid-19.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H menyampaikan bahwa Kapuas Hulu memiliki berbagai permasalahan khususnya diperbatasan.

"Diantaranya, kondisi sebagian wilayah perbatasan yang masih terisolir dan tertinggal serta terbatasnya infrastruktur, sarana dan prasarana, "ujar Bupati

Untuk itu, mengharuskan Pemerintah Daerah lebih memfokuskan program-program pembangunan yang ditujukan kepada masyarakat perbatasan baik dari sisi kehidupan, 

berupa peningkatan pendapatan dan peningkatan akses terhadap berbagai pelayanan dasar berupa Kesehatan dan pendidikan. 

"Pemerintah juga, berupaya dari sisi produktivitas nya melalui berbagai program peningkatan keterampilan, penguatan modal, infrastruktur dasar dan program pemberdayaan masyarakat dengan pola padat karya."bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan secara langsung kepada Anggota DPR-RI KOMISI II, bahwa ada daerah di perbatasan kondisi infrastrukturnya yang tidak bisa ditangani oleh pemerintah Kabupaten karena membutuhkan Dana yang sangat besar. 

"Melalui kegiatan ini, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas Hulu khusus masyarakat Puring Kencana, kami menyampaikan mohon perhatian dari pemerintah pusat untuk memperhatikan jalan dari simpang 4 Empanang - Puring Kencana tersebut."ucap Bupati.

Ia juga cmenyampaikan, kepada peserta reses bahwa Kabupaten tetangga kita saat ini mengalami peningkatan penyebaran kasus Covid dan status Zonanya merah.

"Saya menghimbau, kepada kepada seluruh masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan, jangan main-main dengan virus ini."pesan Bupati.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawasan Pembangunan Perbatasan Cornelis, MH menyampaikan bahwa salah satu mitra kerja nya di DPR-RI adalah bagian perbatasan ini.

"Jadi tugas kami mengawasi segalanya yang ada diperbatasan ini. "kata Cornelis yang juga mantan Gubernur Kalimantan Barat II periode.

Ia mengatakan, dengan kegiatan reses ini hasil pemantauan secara langsung serta aspirasi yang disampaikan masyarakat maupun dari pemerintah daerah saya mampu untuk mendorong usulan dan disampaikan di pusat.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut : Anggota Komisi II DPR-RI DAPIL Kalbar Drs. Cornelis, MH sekaligus Anggota badan anggran dan anggota badan pengawasan pembangunan perbatasan, Kepala Divisi Ke-Imigrasian, Kepala Kantor Imigrasi Putussibau, Kepala Balai Perhubungan Transportasi Darat, Kepala Balai PUPR Wilayah Kalbar, dan jajaran OPD terkait. (Rls/Hum Setda/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama