Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Puluhan Warga Mekarsari Panimbang Ikuti pelatihan Kuliner Hingga Seni Mengolah Pelepah Kelapa

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang bersama Permodalan Nasional Madani (PNM) selenggarakan Pelatihan Peningkatan Pemberdayaan Usaha Masyarakat di Kampung Reforma Agraria Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (08/04/21).

Sebelumnya, kegiatan ini Pertama kali diawali dengan pelatihan Pembuatan Keripik Singkong dan Keripik Pisang. Kedua, Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa. Ketiga, Pelatihan Pembuatan Kerupuk Berbahan Dasar Ikan. 

Dan kali ini merupakan Pelatihan keempat kalinya dengan agenda pelatihan pengolahan kerajinan tangan berbahan dasar pelepah kelapa. Hal ini dikarenakan di wilayah Desa Mekarsari terdapat banyak pohon kelapa sehingga tentu saja bahan dasar kerajinan ini sangat berlimpah.

Dalam sambutannya perwakilan Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Tarmizi Burza mengajak seluruh masyarakat untuk memperhatikan dengan seksama dan semangat mengikuti pelatihan ini agar perekonomian masyarakat Kampung Reforma Agraria dapat meningkat dan lebih sejahtera.

Camat Panimbang Engkos Kosasih dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kampung Reforma Agraria merupakan daerah wisata. Dengan adanya pembuatan kerajinan tangan ini, nantinya menjadi buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung. 

"Pelepah kelapa yang biasanya hanya dibakar, ternyata dapat diolah menjadi lampu hias, vas bunga dan gantungan kunci. Sehingga dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke sini," Ujar Camat

Camat menambahkan, melalui kegiatan ini, warga Kampung Reforma Agraria diharapkan bukan hanya dapat memproduksi beragam camilan khas saja, melainkan juga dapat memproduksi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi yang nantinya mampu mendorong masyarakat untuk lebih sejahtera.

Dalam pelatihan ini, Warga diajarkan oleh pemateri Gilang Pratama pengrajin pelepah kelapa dari Lombok, dalam pelatihan ini para peserta diajarkan bagaimana membuat kerajinan dari pelepah kelapa. 

Gilang menuturkan, untuk membuat lampu hias misalnya, pelepah kelapa atau yang biasa disebut mancung sebelum diolah, terlebih dahulu harus direndam selama 1 jam agar mudah dibuat lengkungan, selanjutnya dijemur hingga mengeras lalu dibentuk.

"Rangkaian pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat bahwa pelepah kelapa yang banyak tersedia, dapat diolah menjadi beragam kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai ekonomis tinggi," ujarnya (Ila)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !