Personel Zidam XII/Tpr Berpartisipasi Buka Lahan Kelompok Tani di Temajok Perbatasan RI-MLY

Keterangan Foto : Suasana _____/// Anggota Zidam XII/Tanjungpura membantu masyarakat membuka lahan kelompok tani di Temajok perbatasan RI-MLY


MenaraToday.com - Temajuk (Kalbar)

Wilayah perbatasan merupakan wilayah yang harus mendapatkan pengawasan secara terus menerus baik penduduk maupun kehidupan bermasyarakat.

Karena diwilayah perbatasan inilah sering terjadi adanya upaya doktrinasi terhadap warga negara Indonesia.

Agar warga negara tidak lagi mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk itu peran TNI manunggal bersama rakyat harus tetap dipertahankan.

Disampaikan oleh Kazidam XII/TPR Letnan Kolonel Czi Srihartono bahwa, Zidam XII/Tanjungpura yang memiliki tugas pokok melaksanakan pengawasan terhadap pembangunan fasilitas umum maupun pemeliharaan bangunan di wilayah Kalimantan Barat.Memanfaatkan dengan baik kesempatan tersebut untuk membawa misi-misi mulia. 

"Selain pengawasan pembangunan Anggota Zidam XII/Tanjungpura juga diperintahkan untuk bermasyarakat dengan baik dilingkungan tempat bertugas,"ujar Kazidam XII/ Tpr Letnan Kolonel Czi Srihartono pada Minggu 30, Mei, 2021.

Disampaikan Dia, seperti yang dilakukan oleh Sertu Sutar Anggota Zidam XII/Tanjungpura pada hari Minggu selain mengawasi pembangunan Pos Gapma di Temajuk juga melaksanakan bantuan - bantuan terhadap masyarakat.

"Diantaranya seperti membuka lahan untuk kelompok tani warga Temajuk dengan bersama-sama masyarakat pelaksananrya dengan karya bhakti (Gotong-royong_red), "papar Kazidam XII/TPR.

Kazidam ungkapkan bahwa, kegiatan tersebut dilakukan selain untuk meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat juga untuk membantu kehidupan perekonomian di wilayah tersebut.

"Dengan kendala yang terjadi diwilayah tersebut seperti susahnya melaksanakan komunikasi via jaringan internet, namun tidak menjadi halangan untuk berbuat baik kepada masyarakat," imbuhnya.

Menurut Kazidam, seperti lahan untuk kelompok tani, Sertu Sutar tetap berupaya mencurahkan tenaga, pikiran dan waktunya untuk berpartisipasi membantu mengexpose potensi yang ada diwilayah tersebut serta berupaya mencari solusi-solusi untuk meningkatkan perekonomian warga. 

"Hal ini diharapkan dapat menciptakan suasana kebersamaan dan rasa cinta warga Temajuk perbatasan Malaysia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Kazidam.

Ia jelaskan juga bahwa, langkah-lagkah anggota Zidam ini menjadi fokus utama untuk memberikan kontribusi positif terhadap Bangsa dan Negara, karena dari hal kecil postif inilah yang akan memberikan dampak positif yang lebih besar.

Dia sebutkan, menjadi prinsip prajurit Zeni selain bertempur di medan pertempuran juga harus mampu mebangun di masa damai baik pembangunan konstruksi yang mendukung infrastruktur bangsa maupun pembangunan kehidupan masyarakat.

"Dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki prajurit Zeni diantaranya kemampuan menggunakan alat berat, kemampuan perbekalan air, perbekalan listrik dan kemampuan untuk membuka lahan pertanian diharapkan mampu memberikan solusi bagi masyarakat,"tutup Kazidam XII/Tpr memaparkan. (Rls/Zidam XII/TPR/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama