Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Bersama Kadus, Kepala Desa Kutakarya Gotroy Bersihkan Saluran Air Persawahan

MenaraToday.Com - Karawang : 

Kepala Desa Kutakarya, H. Hendri bersama Kepala Dusun 004 Kutakarya, Karyadi melakukan kerja bakti menormalisasikan saluran air persawahan serta pembersihan ranting dan rumput liar di pesawahan wilayah Kedinhmundu Barat pada hari Minggu dan Senin (27 dan 28 Juni 2021.

Kerja bakti sosial ini dilaksanakan oleh seluruh Pemdes desa Kutakarya dari mulai, LPM, Kepala Dusun, Rt, Rw Linmas, masyarakat serta para petani.

Saat di konfirmasi oleh awak media, Selaaa )29/6/2021), H. Hendri menyampaikan dengan seyuman khasnya. terkait kerja bakti yang sering dilaksanakan di hari libur desa.

” Bahwa terdapat beberapa manfaat dan tujuan diadakan kerja bakti ini. Hal ini bisa membuat setiap pekerjaan menjadi lebih ringan, ini juga mempercepat penyelesaian pekerjaan, mempererat rasa persatuan dan kesatuan, menghemat pengeluaran, menambah rasa sosial di masyarakat dan Menumbuhkan rasa solidaritas,”Ujar Hendri.

Hendri pun menambahkan bahwa Kegiatan  kerja bakti  membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang Ranting dahan pohon yang mengganggu akses pengairan, bisa dapat lebih mudah dilaksanakan.

” Dengan manfaat kerja bakti lingkungan menjadi bersih, karena selalu terpelihara dan terawat. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit,” Jelas Hendri.

Di tempat yang sama Kepala Dusun 004 Karyadi menyampaikan dengan kerja bakti normalisasi, maka selokan pun harus dirawat dengan baik untuk memastikan aliran air ke tempat yang seharusnya.

” Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya dari sampah-sampah yang tidak sengaja masuk ke saluran atau mengurangi deposit tanah dan endapan lumpur, agar udara mengalir dengan lancar. Dengan kerja bakti ini tidak diperlukan jasa besar, dengan jasa biaya yang murah dan kerjasamanya team, semua pekerjaan berat menjadi ringan,” Ungkap Karyadi.

Dari Ketua LPM sendiri Udung Sujana dan Rekan yang selalu ikut andil di setiap bakti sosial menyampaikan, menyambung apa yang di sampaikan Kadus Karyadi

” Sebuah kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan secara rutin, bisa menjadi jalan keluar membengkaknya biaya pemeliharaan, sehingga dapat dihilangkan saat semua anggota masyarakat di sebuah lingkungan mau menyumbangkan tenaga mereka untuk desa Kutakarya kedepan lebih baik,” tuturnya. 

Udung pun berpesan, Kerja bakti yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga lingkungan bersih dan asri, serta menjaga kelestarian lingkungan serta sumber daya alam di dalamnya,” Tegas Udung Sujana LPM Desa Kutakarya. (Gojil)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !