Bupati Kapuas Hulu Hadiri Upacara Gawai

MenaraToday.Com - Kapuas Hulu :

Bupati Kapuas Hulu beserta jajarannya menghadiri upacara adat / rasa syukur atas hasil panen padi (gawai) di Dusun Sumpak Sengkuang Desa Setulang Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam sambutannya Tuan Rumah sekaligus Patih menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Kapuas Hulu karena sudah 3 (tiga) kali kesini.

"Semoga tali silaturahmi kita tetap terjaga antar pemerintah daerah maupun masyarakat yang berada di Rumah Betang Sumpak Sengkuang, "ucapnya

Selain itu, tokoh masyarakat Sumpak Sengkuang, Markus Kelambu menerangkan bahwa hasil panen padi tahun ini bisa dikatakan berhasil karena stok padi akan bertahan sampai tahun depan.

"Puji Tuhan tahun ini kita tidak akan kekurangan padi, hasil panen kita diperkirakan mampu sampai tahun depan, "ucapnya 

Masih kata Markus Kelambu, Ia menyampaikan permohonan kepada pemerintah daerah agar daerah mereka ada pendampingan untuk dijadikan tempat wisata serta jadi kawasan pertanian.

"Kami mohon, kepada Pemerintahan Daerah agar daerah kami bisa dijadikan salah satu spot Wisata karena di dusun kita disini ada 1 air terjun dan view nya juga langsung menghadap ke daerah Danau Sentarum. Kami juga siap menyiapkan lahan untuk dijadikan lahan pertanian yang sesuai dengan Program Pemerintah Daerah, "tutup Dia

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, SH. memuji upacara adat yang dilaksanakan secara sederhana namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan khususnya Puskesmas Batang Lupar karena sudah membantu masyarakat disini untuk melaksanakan upacara adat dengan menerapkan Protokol Kesehatan, "ucap Bupati 

Lanjut Bupati, terkait atensi yang disampaikan tokoh masyarakat Ia menyambut baik dengan hal tersebut karena sesuai dengan Visi Misi Kapuas Hulu Hebat.

"Tidak menutup kemungkinan kedepannya ini bisa dijadikan kawasan objek wisata karena ini sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah yaitu untuk membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor pertanian, pariwisata dan industri kreatif berbasis sumberdaya alam lokal, "ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sudah mengajukan ke pihak PLN agar beberapa daerah di Kapuas Hulu bisa teraliri listrik

"Sewaktu saya meresmikan Listrik di Daerah Perbatasan beberapa Bulan lalu saya juga sudah menyampaikan usulan ke PLN Provinsi agar daerah Kapuas Hulu ada penambahan listrik khususnya daerah disini Kecamatan Batang Lupar. Kita selalu berupaya semaksimal mungkin karena kebijakan ini murni dari pihak PLN, "beber Bupati

Perayaan Upacara Adat tersebut juga di hadiri oleh Anggota DPRD Kapuas Hulu, beberapa Kepala OPD, Kepala Desa, Kapolsek Batang Lupar, Camat, Danramil, Kepala Adat/Patih Sumpak Sengkuang. (Rls -Hum-Setdakh/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama