Pemkab Kapuas Hulu Gelar Ops Gabungan Pengawasan Orang Asing di Perbatasan RI - Malaysia.

MenaraToday.Com - Kapuas Hulu :

Pemerintah terus memperketat pelintasan orang dan barang di wilayah perbatasan RI-Malaysia Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

Kamis (17/6/2021) dilaksanakan kegiatan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Perbatasan RI-Malaysia PLBN Badau. Kegiatan tersebut juga sekaligus Peluncuran Aplikasi Pengawasan Orang Asing di Gedung Serbaguna Pasar Wisata PLBN Badau Desa Janting Kecamatan Badau.

Kegiatan dihadiri Danyonif 144/ JY diwakili oleh Pasiops Letda lnf. Ferli Aliansyah, Camat Badau Edy Suharta, Kapolsek Badau AKP. Junaidi, Danramil 1206-4 Badau Mayor Arh. Tatang. 

Hadir Perwakilan Beacukai, BNPP, Perwakilan Karantina Pertanian, Balai Karantina ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Perikana Badau, Satuan Tugas lntelijen wilayah Kecamatan Badau dengan jumlah peserta sekitar 40 orang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 3 TPl Putusibau yang diwakilkan oleh Sujarmono Simamora pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperketat pengawasan orang asing maupun orang Indonesia di wilayah perbatasan.

"Petugas Imigrasi bertugas untuk pengawasan keimigrasian di Bandara, Pelabuhan maupun wilayah perbatasan setiap orang yang keluar masuk di wilayah Indonesia wajib melaksanakan pemeriksaan oleh Imigrasi," kata Simamora.

Upaya tersebut dilaksanakan terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka perlu adanya langkah pencegahan.

"Dengan adanya Pandemi covid-19, berdampak pada ekonomi maka banyak warga negara kita yang keluar masuk ke luar negeri melalui jalur tidak resmi," kata Simamora

Untuk itu kata dia, pimpinan mereka membentuk tim Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing yang nantinya akan melaksanakan pengecekan jalur-jalur tikus non prosedural.

"Itu akan di mulai di Pos Mentari, Pos 3 sampai Patok Perbatasan dan kembali ke pasar Badau untuk membagikan masker kepada warga masyarakat," pungkasnya.

Dalam pengawasan tersebut, rombongan menuju pos lintas batas Mentari, pos tiga dan pos Sebindang namun tidak menemukan pelanggaran secara Keimigrasian.

Kemudian di lanjutkan oleh pembagian masker oleh pengamanan perbatasan di pasar Badau kepada masyarakat untuk mencegah covid 19. (Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama