Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Upaya Pemilihan Ekonomi Dimasa Pandemi, BUMDES Dos Roha Dan Tahu Kuning Balige Toba, Teken MoU

MenaraToday.Com- Toba :

Dimasa pandemi Covid-19 yang masih berkepanjangan, Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah melakukan berbagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), salah satunya dilakukan Pemerintahan Desa Tambunan Sunge Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, dengan menjalin kerjasama usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dos Roha dengan industri rumah tangga Tahu Kuning Balige (TKB).

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) oleh Rina Dewi Sartika selaku Direktur BUMDES Dos Roha, Edward Jonathan Tambunan selaku pemilik Tahu Kuning Balige, disaksikan oleh Kepala Desa Tambunan Sunge Danner Tambunan, Jimmy Batubara selaku Pengawas BUMDes, Demak Sibarani Manager Unit SPP Bumdes Dos Roha, Ratna Siburian selaku Manager Unit Agrobisnis Bumdes Dos Roha serta Mangatur Tambunan selaku Ketua BPD Desa Tambunan Sunge, bertempat di Balai Data Kantor Desa Tambunan Sunge, Rabu (21/7/2021).

"Sejak awal kami telah membangun komunikasi dengan manajemen BUMDES untuk bekerjasama dalam pengembangan bisnis usaha tahu kuning dengan tujuan sama, salah satunya memperoleh untung bersama yang dituangkan dalam MoU yang telah diteken hari ini. Kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak, mudah-mudahan hal ini akan berjalan lancar, kami tahu Bumdes Dos Roha memiliki koneksi luas yang berpotensi mengembangkan usaha ini kedepannya" ujar Timbul Parlinggoman selaku manajemen pengelola Tahu Kuning Balige.

Sementara itu Kepala Desa Tambunan Sunge Danner Tambunan, sangat mengapresiasi kerjasama tersebut.

"Hal ini kita yakini akan menjadi salah satu upaya untuk pemulihan ekonomi dimasa pandemi, termasuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa, yang nantinya akan meningkatkan indeks pembangunan di desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, selamat bekerjasama dalam membangun kemitraan" pungkas Danner Tambunan.

Hal senada diungkapkan Direktur BUMDes Dos Roha, Rina Dewi Sartika yang menyatakan setelah penandatangan nota kesepahaman tersebut, pihaknya akan melakukan pemasaran tahu kuning Balige yang menjadi salah satu komoditi terbaru milik BUMDes dimasa Pandemi. 

"Tahu Kuning Balige, merupakan produk tahu ala Bandung yang berkualitas baik dan murah untuk dikonsumsi sehari-hari, dimana tahu kuning yang berproduksi di Desa Sunge Toba sejak tahun 2020 lalu, selain di Toba, pemasarannya sudah merambah sejumlah kabupaten tetangga diantaranya Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan" paparnya (J Tambunan)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !