Audiensi dengan Wagub Andika, HNSI Banten Minta Pemda Dorong Kesejahteraan Nelayan

HNSI Banten Usai Audiensi Bersama Wagub Banten H. Andika Hazrumi. Senin (23/08/21).


Menaratoday.com BANTEN, Serang-Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Banten melakukan audiensi bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di ruang kerja Wagub Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Senin (23/08/21). HNSI Banten meminta pemerintah daerah di Banten untuk mendorong kesejahteraan nelayan. 


“Intinya kami menyampaikan aspirasi terkait dengan kesejahteraan nelayan di Banten, agar Pemda mendorong itu tercipta,” kata Sekretaris DPD HNSI Banten Herman Sutedjo Ismail usai audiensi yang didampingi oleh Ketua DPC HNSI Cilegon Tatang Tarmizi, dan Ketua DPC HNSI Kabupaten Tangerang Abudin. 


Herman melanjutkan, pihaknya meminta Pemda di Banten dapat bersinergi dengan HNSI di wilayahnya, baik terkait beberapa program yang sedang diagendakan masing-masing HNSI, maupun terkait program OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kelautan dan perikanan di masing-masing Pemda. 

“Seperti di Cilegon, itu kami meminta agar Pemkot Cilegon di antaranya mengurus legalisasi pangkalan perikanan, karena semua pangkalan perikanan di Cilegon itu secara legalitas belum ada yang diakui oleh Pemkot,” katanya. 


HNSI di Banten, kata Herman, juga meminta kepada Pemda di Banten supaya mendorong OPD terkait agar lebih memperhatikan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Terkait hal itu, Herman mencontohkan perlu dibuatkannya semacam pusat perdagangan ikan hasil tangkapan nelayan. 


“Selain mengenjot pemasukan untuk APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) hal tersebut juga bisa berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan dan pendapatan nelayan,” kata Herman. 


Terpisah, wakil gubernur banten Andika Hazrumi mengaku, berterima kasih dengan disampaikannya aspirasi para nelayan tersebut melalui HNSI kepada dirinya. Andika mengaku, akan langsung berkoordinasi dengan OPD kelautan dan perikanan di Pemprov Banten agar menjalin sinergi dengan HNSI Banten. 


“Untuk Kabupaten/Kota tentu nanti koordinasinya juga melalui OPD kelautan dan perikanan Pemprov Banten kepada OPD kelautan dan perikanan di Kabupaten/Kota," jelas Andika.


Secara prinsip Andika mengaku setuju dengan aspirasi yang disampaikan HNSI Banten tersebut. Menurutnya wilayah Provinsi Banten sebagian besar merupakan perairan laut yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang jika dioptimalkan pengelolaannya akan dapat mensejahterakan nelayan, khususnya dan warga Banten umumnya. 


“Ini jadi perhatian serius kami di Pemprov Banten, dan saya berterima kasih sekali dengan disampaikannya aspirasi ini. Ini akan menjadi semacam cambuk agar kami bisa dapat lebih bersinergi lagi dengan lebih baik,” tegas Andika. 


ILA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama