BNNK Labura Gelar Kegiatan Workshop Pegiat P4GN.



MenaraToday.Com - Labura : 

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Labuhanbatu Utara menggelar workshop pegiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) di Aula Grand Hotel, Aek Kanopan, Labura, Kamis (9/9/2021) sekira pukul 09.00 wib. 

Selaku garda terdepan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba, BNNK Labura mengajak masyarakat untuk membantu dan mendukung BNN dalam  memutus mata rantai peredaran gelap narkotika, itulah kenapa BNN Kabupaten Labura terus melaksanakan penyuluhan dan Workshop seperti yang terlaksana barusan. 

Mengawali pembukaan kegiatan Workshop P4GN kepala BNNK Labura Suheri Situmorang, S.sos mengatakan Workshop ini kami gelar dalam rangka pengembangan kapasitas dan pembinaan masyarakat melalui kebijakan kota tanggap ancaman narkoba dilingkungan swasta, itulah sebabnya kami menghadirkan 30 peserta masing-masing dari pihak, perhotelan perusahaan dan swasta. 

Suheri juga menyampaikan tindak pidana narkoba merupakan kejahatan yang sangat kompleks, maka penanganannya juga harus dilakukan secara khusus serta melibatkan seluruh instansi pemerintah terkait/stakeholder serta masyarakat.

"Kita diharapkan untuk tanggap dengan bahaya ancaman narkoba sebagai lembaga kami siap memfasilitasi dan membantu serta menyerap informasi apa saja dari masyarakat" ujar Suheri

Sementara itu Kadisporapar Labura Sakti Sormin, saat jadi pemateri menuturkan pihaknya terus bersinergi dengan BNNK dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Kami akan terus berperan aktif untuk bersinergi dengan BNN dalan upaya pencegahan narkoba, hanya saja ruang lingkup kami sempit, sesuai dengan tupoksi kami melaksanakan penyuluhan akan bahaya narkoba itu di destinasi wisata, berkoordinasi dengan pengelola untuk tidak membawa narkoba dalam jenis apapun serta minuman keras" ujarnya.

Di akhir kegiatan, Kasat Narkoba Polres Lahuhanbaty AKP. Martualesi Sitepu.. menjelaskan sebagai penegak hukum, pihaknya berperan sebagai pencegahan dan penindakan.

"Peran kami bukan hanya dalam hal penindakan tetapi juga pencegahan, di desa kita sudah bentuk kampung tangguh bahaya narkoba, melakukan penyuluhan kepada warga binaan oleh bhabinkamtibmas, konseling sampai membantu proses rehabilitasi pada pecandu berat narkoba" ujar Kasat

Lanjut nya lagi, pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya P4GN, dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan  masyarakat desa, semua bisa kita lakukan perubahan dengan niat dan kesadaran diri. 

"Kedepan, kami siap membantu memfasilitasi jika ada keluarga yang jadi pecandu narkoba diajukan untuk rehabilitasi, dengan kata lain keluarga dan pihak pecandu sudah menyetujui. Karena sejak saya menjabat Kasatnarkoba di Polres Labuhanbatu sudah 37 orang kami rehabilitasi gratis tanpa dipungut biaya" ujarnya mengakhiri.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dihadiri  Disnaker yang diwakili Kabid Pelatihan dan Penempatan Kerja Fatimah Tambak,S St, Kaban Kesbangpol, Sukamto, SE, MM, Serta 30 peserta Workshop.(greg)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama