Ditengah Pandemi, Adat Kasepuhan Cisungsang Gelar Seren Tahun Dengan Sederhana Dan Prokes Ketat

Gelaran Seren Taun Adat Cisungsang. Minggu (05/09/21).


Menaratoday.com BANTEN, Lebak-Dengan tema "Ngajaga Ngaraksa" Seren Tahun Adat Kasepuhan Cisungsang tahun 2021 digelar pada hari Minggu (05/09/21) secara sederhana, bertempat di pendopo rumah  adat kasepuhan Cisungsang Kampung Cisungsang, Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. 


Seren Tahun merupakan sebuah upacara adat turun temurun yang dilakukan setelah panen padi. Upacara ini dilakukan setiap tahun secara rutin, dan diikuti seluruh warga desa. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya ikut ambil bagian dalam upacara tersebut. 


Namun ada yang berbeda di acara Seren Tahun kali ini, sejak adanya pandemi Covid-19, adat kasepuhan Cisungsang mengelar Seren Tahun kali ini secara sederhana dan dibatasi hanya di ikuti kurang dari 25 persen pengunjung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, guna mengantisipasi penularan virus covid-19.


Dalam kesempatan itu Kasepuhan adat Cisungsang A.Usep Suyatma, Sr,  yang akrab di sapa Abah Usep, kepada awak media mengatakan bahwa acara seren taun di tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana, hanya 25 persen saja.  Sehingga acara yang dilaksanakan saat ini tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya.


“Karena mengingat di masa PPKM, acara ini  dilaksanakan tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Kami juga sudah  berkoordinasi dulu  dengan pihak  kecamatan, untuk meminta petunjuk dan arahan,” Kata A. Usep Suyatma.


Lanjut Abah Usep,  acara ini mengikuti aturan pemerintah, tentang Prokes dengan ketat dimasa pandemi Covid-19 ini.  Setelah itu baru mengadakan acara ini, atas petunjuk dari petugas  tentang  aturan protokol kesehatan (Prokes) yang sudah ditentukan oleh pemerintah.


Abah Usep juga mengajak kepada semua  masyarakat adat Cisungsang agar bisa menjaga protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah adat kasepuhan  Cisungsang.


“Saya selaku ketua adat kasepuhan Cisungsang, juga mengajak  kepada masyarakat Cisungsang agar bisa mengikuti vaksinasi, supaya kita sehat dan terhindar dari paparan virus Corona” Tutup Abah Usep 


Sementara Kabid (Kepala  Bidang Pemasaran Pariwisata)  kabupaten Lebak,  Diki Ginanjar yang mewakili Kadis Pariwisata Kabupaten Lebak mengatakan, pihaknya mendukung  adanya kegiatan Seren tahun yang dilaksanakan  masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang, di tahun 2021 ini.


“Acara seren taun di tahun 2021 ini seperti apa yang dikatakan oleh Abah Usep  kapasitasnya terbatas mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19,” Kata Diki Ginanjar.


Kegiatan seren taun ini tambahkan Diki, adalah merupakan tradisi leluhur, salah satu bentuk  syukur masyarakat adat kepada sang pencipta (Allah Swt),  atas hasil panen yang diperoleh, dan akan dimulainya masa cocok tanam baru. 

"Mereka meminta perlindungan dari Allah, dari serangan-serangan hama misalnya, atau dari hal yang tidak di inginkan yang akan  menghambat  kelancaran proses cocok tanam itu," jelasnya.


Turut hadir dalam kegiatan  tersebut  A. Usep Suyatma S.r  selaku Ketua  Adat   kasepuhan Cisungsang,  Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra S,IK, M,I.K ,   Dandim 0603/ Lebak  Letkol Inf  Nur Wahyudi,   Asda 1 Provinsi Banten, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata  (Kabid)Kabupaten Lebak  Diki Ginanjar, Anggota DPRD Lebak Agus Suhendar, Camat Cibeber  Haerudin, Kepala Desa Cisungsang Edi, Ketua DPW MOI Provinsi Banten M. Agustiawan Rengga dan masyarakat  adat Cisungsang yang hadir di acara seren taun tersebut dengan mengikuti aturan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. (ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama