PT. TPL Bantu Program Tumpang Sari dan Tanaman Kehidupan Untuk Kelompok Tani Hutan Di Toba

MenaraToday.Com - Toba : 

PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) menyerahkan bantuan material Program Tumpang Sari dan Tanaman Kehidupan bagi Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk, dimana anggota kelompok ini berjumlah 28 orang masyarakat Dusun Tungkonisolu Desa Parsoburan Barat Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Kamis (24/09/21)

Jenis bantuan yang diberikan diantaranya,  bibit alpukat 700 batang, bibit jahe 1.500 kg, kompos ternak ayam 418 sak, kompos mabar 28 sak, pestisida gandasil D 20 pcs dan pestisida lannet 40 Sp 25 Pcs.

Ketua KTH Lam Miduk Waldemar Rajaguguk, menyampaikan terimakasih kepada TPL atas diberikannya bantuan tersebut, seraya mengatakan akan serius memanfaatkannya untuk dikelola dengan sebaik-baiknya.

Seluruh anggota kelompok, menyepakati memilih jenis bibit alpukat dan jahe untuk kami kelola, dengan pertimbangan penyesuaian kondisi lahan, selain itu jenis tanaman ini dapat berkelanjutan jangka panjang dan menghindari resiko gangguan hewan disini, ujar Waldemar.

Pangeran Marpaung selaku Humas PT TPL Sektor Habinsaran mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan dari pemerintah  untuk membentuk kerjasama kemitraan dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan, salah satunya di sektor Habinsaran.

Hari ini telah bertambah lagi satu kelompok tani di Dusun Tungkonisolu, Desa Parsoburan Barat Barat. Sebelumnya sudah pernah terbentuk KTH Tungkonisolu dan dibentuk lagi kelompok baru yang dimana hari ini telah diberikan bantuan bibit, pupuk dan lainnya, ujar Pangeran.

Lanjut Pangeran, dibentuknya kelompok ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi, yang dikerjasamakan dengan PT TPL dalam bentuk program Tumpang Sari di area konsesi blok tanaman kehidupan.

Di samping itu, hal ini menjadi salah satu komitmen PT TPL untuk terus hadir berkontribusi untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

"Kami berharap, KTH Lam Miduk, agar dapat hidup berdampingan baik dengan perusahaan, serta  serius dalam mengelola tanaman ini sehingga hasil panennya bagus sesuai dengan yang diharapkan"ujar Pangeran.

 Acara serah terima juga turut dihadiri oleh Kepala Desa Parsoburan Barat Demas Simangunsong, dia mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT TPL kepada masyarakatnya.

"Jumlah masyarakat di Desa Parsoburan Barat sebanyak 140 Kepala Keluarga (KK), yang mayoritas sebagai petani. Oleh karena itu, bantuan ini merupakan bentuk implementasi kepedulian perusahaan terhadap masyarakat termasuk semua kelompok tani yang ada di Dusun Tungkonisolu dan terkhusus untuk KTH Lam Miduk yang menerima bantuan hari ini" sebut Demas.

Pemerintah Desa berharap agar bantuan ini dimanfaatkan untuk dikelola dengan sebaik-baiknya agar berhasil, seraya menuturkan bahwa PT TPL sudah banyak memberikan bantuan kepada KTH Lam Miduk masyarakat Dusun Tungkonisolu dan Desa Parsoburan Barat, tandas Demas.(J.Tambunan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama