206 Desa Siap Gelar Pilkades, Irna: Jangan Sampai Ada Yang Tersangkut Ranah Hukum


MENARATODAY.COM-Dalam Pelaksanaan Deklarasi damai para calon kepala desa (calkades) se-kabupaten pandeglang, yang dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) maupun luar jaringan (Luring) yang dipusatkan dikantor kecamatan saketi, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita berpesan agar para Calon Kepala Desa (Caldes) dapat mematuhi ikrar yang sudah diucapkan.

 "Ikrar janji dalam deklarasi damai ini menjadi acuan untuk dipatuhi oleh para calon kades agar pilkades di Pandeglang berjalan lancar dan damai," ungkap Bupati Irna. Minggu (10/10/21).

Lanjut Irna, dengan mamatuhi aturan yang berlaku pada pelaksanaan pilkades serentak, diyakini potensi konflik tidak akan pernah terjadi.

 "Jika Semua taat dan patuh pada peraturan, diharapkan dapat meminimalisir konflik, yang menang terhormat, kalahpun bermartabat," ujarnya.

Perlu diketahui, diantara pointer ikrar janji calkades adalah, mematuhi dan melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pemilihan kepala desa secara tertib, aman, damai, beretika dan bertanggung jawab, serta bersedia dituntut secara hukum apabila melanggar ikrar ini.



 "Kepala desa sudah berikrar untuk melakukan deklarasi damai. Saya sangat menghormati para calkades, baik yang petahana maupun yang baru untuk taat dan patuh pada aturan yang berlaku," tutur Irna.

Masih kata Irna, salah satu tujuan pesta demokrasi pilkades adalah mencari pemimpin berakhlak, profesional, dapat membangun desanya, serta mensejahterakan rakyatnya.

 "Saya apresiasi perjalanan yang sangat panjang ini, mudah-mudahan tidak ada urusan sampai ke ranah hukum, saya yakin anda (Calkades) punya tanggung jawab," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Doni Hermawan mengatakan, deklarasi damai ini awal dibuka kembalinya kegiatan selanjutnya setelah kurang lebih dua bulan terhenti.

 "Kegiatan selanjutnya Senin sudah mulai kampanye tanggal 11-13 oktober 2021, dilanjut tanggal 13-16 oktober 2021 masa tenang, pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2021," kata Doni

Lebih lanjut Doni menyampaikan, ada 206 Desa dari 32 Kecamatan yang akan melakukan Pilkades. Untuk Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) kurang lebih 1.263, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 563.927. (ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama