Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

BPODT Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Sigapiton


MenaraToday.Com - Toba : 

Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik  Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bambang Cahyo Murdoko membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Sigapiton dengan menjalin Kerjasama Desa Sigapiton yang berada di Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara dengan Ecovillage Silimalombu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan BPODT yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 49 Tahun 2016 yang salah satu tugasnya adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam rangka pelaksanaan percepatan pembangunan kepariwisataan di Kawasan Danau Toba seiring sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan Desa Wisata secara nasional, terus berkembang sampai tahun 2024.

BPODT mendukung  program pemerintah dalam mengembangkan  Desa Wisata sebanyak 450 Desa, dimana Desa Sigapiton menjadi Desa Wisata Nasional, terang Bambang Selasa (2/11/2022).

Pelatihan yang dimulai sejak 1 November 2021, akan berlangsung selama 30 hari kedepan yang diikuti 20 peserta yang semuanya berasal dari masyarakat Desa Sigapiton untuk  belajar bagaimana mengelola Desa Wisata Sigapiton benchmark atau bekerjasama dengan Ecovillage Silima lombu ini secara overall dimulai dari hospitality, pelayanan dalam menerima kedatangan tamu mancanegara baik pada saat masuk, homestay, mengelola  peternakan ayam ikan dan sebagainya, serta bagaimana mengolah hasil-hasil pertanian hingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi untuk mendongkrak nilai ekonomi masyarakat,  ungkap Bambang.

Bambang berharap  setelah pelatihan ini semua peserta dapat memahami  materi yang akan dipelajari nantinya sehingga dapat diterapkan di Desa Sigapiton untuk melayani  kedatangan para wisatawan dimasa yang akan datang, membuat wisatawab semakin lama tinggal dan jumlahnya banyak  dengan meninggalkan jejak-jejak positif dalam mendorong pemulihan ekonomi masyarakat, serta bisa menularkan pengalaman dan ilmu yang didapat kepada masyarakat lainnya yang belum ikut pelatihan untuk percepatan pengembangan Desa Wisata nantinya.

Ratna Gultom didampingi Thomas selaku pengelola ecovillage Silimalombu menjelaskan bahwa peserta akan menunjukkan dan berbagi langsung bagaimana mengelola produk-produk hasil pertanian seperti ikan, ternak, sayuran, buah-buahan diolah menjadi bahan ekonomi kreatif dan bahan konsumsi yang disajikan kepada penginap di homestay yang memang ada tumbuh baik di Silimalombu dan Sigapiton.

Produk tersebut akan dikelola dengan konsep ekowisata dan zero waste dimana semua bahan-bahan tidak ada yang terbuang termasuk pengelolaan limbah cair yang ditangani dengan proses yang ramah lingkungan dengan tidak membuang limbah kotor ke Danau Toba.

Hal ini juga yang membuat homestay dan restorannya sudah mengantongi sertifikat CHSE yang telah diterbitkan oleh pemerintah.

Kepala Desa Sigapiton Hisar Butarbutar mendukung dan mengapreasiasi program pelatihan yang dilaksanakan oleh BPODT sehingga diharapkan akan dapat dipraktekkan langsung di Desa Sigapiton serta berharap pelatihan-pelatihan akan dilaksanakan secara berkesinambungan, harap Hisar.(J.Tambunan)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !