Polres Malang Gelar Ujian Beladiri Anggota di Lapangan Tembak Sanika Satyawada

MenaraToday.Com - Malang :

Kapolres Malang AKBP R. Bagoes Wibisono melalui Kepala Bagian SDM AKP Achmad Sueb, menggelar ujian beladiri Polri berkala bagi seluruh anggota Polres Malang di Lapangan Tembak Sanika Satyawada, Kamis, (11/11/2021). 

Adapun untuk mengurangi kerumunan kegiatan dilakukan selama empat hari, mulai hari Selasa (9/11) sampai Jumat (12/11) esok.

Bela diri Polri adalah kemampuan anggota Polri dalam mempertahankan diri atau melindungi orang lain dari serangan lawan menggunakan teknik menghindar, menangkis bahkan jika diperlukan dapat melakukan serangan balik dengan tangan kosong maupun alat guna memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan ujian Beladiri Polri, yang diujikan adalah kemampuan anggota mempertahankan diri dengan tehnik dasar Beladiri Polri seperti jatuhan, roll depan, pukulan, dan tendangan.

Kabag SDM Polres Malang AKP Achmad Sueb mengatakan, bahwa kegiatan ujian Beladiri Polri dilaksanakan secara berkala setiap 6 bulan sekali.

“Tujuan diadakannya ujian Beladiri Polri bagi personel Polres Malang adalah untuk penilaian 13 Komponen sebagai syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang), serta untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari dilapangan terutama untuk melumpuhkan pelaku tindak pidana," kata Kabag SDM AKP Achmad Sueb.

Lebih lanjut AKP Achmad Sueb menambahkan, selain menjadi atensi pimpinan Polri. Ujian Beladiri dilakukan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan anggota.

Apalagi anggota Polri dalam berdinas ada risiko terutama dalam menghadapi kejadian kriminal atau tindak kejahatan, sehingga dibutuhkan keterampilan dalam bela diri untuk melumpuhkan pelaku tindak pidana.

“Kemampuan bela diri ini sangat diperlukan bagi anggota Polri, khususnya anggota di lapangan,” tuturnya. (Ivan/HumasResMalang)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama