Ratusan Warga Di Kabupaten Pandeglang Dapat Kucuran Dana Rp. 20 Juta Untuk Bedah Rumah


MENARATODAY.COM-Direktorat jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali akan menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan (BSPS) atau bedah rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Program BSPS diberikan untuk mewujudkan impian masyarakat memiliki rumah layak huni sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga.

 "Dengan dana BSPS tersebut mereka diharapkan berswadaya membangun rumahnya menjadi lebih layak huni," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam rilisny. Senin (22/11/21).

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I, pada tahun 2021 Kabupaten Pandeglang mendapat alokasi Program BSPS sebanyak 110 unit. Rumah ini tersebar di beberapa lokasi antara lain Kecamatan Sukaresmi 10 unit, Kecamatan Sobang 20 unit, Kecamatan Saketi 50 unit, Kecamatan Karangtanjung 15 unit, dan Kecamatan Cadasari 15 unit.

Setiap unit rumah penerima Program BSPS mendapatkan bantuan senilai Rp. 20 juta, dengan rincian dalam bentuk bahan material bangunan senilai Rp. 17,5 juta dan upah tukang Rp 2,5 juta.

 "Kami ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa tinggal di rumah yang layak huni. Program BSPS juga kami laksanakan bersama Pemda dan masyarakat serta didampingi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program BSPS," kata Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Haryo Wacono.

Kepala Desa Perdana Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang H. Ade Sutisna mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki masih banyak warganya yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni.

"Kami sudah mengusulkan ke Pemda agar warga desa ini bisa menerima bantuan Program BSPS lebih banyak lagi tahun depan. Tahun ini hanya ada 10 KK yang menerima Program BSPS. Jadi kami harap Program ini bisa berlanjut karena memang sangat dibutuhkan masyarakat," katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Bojen Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang Sukardi menyatakan, pihaknya selalu mendorong agar masyarakat bisa tinggal di rumah yang layak huni. Untuk membangun rumah warga yang mendapat Program BSPS, pihaknya juga mengajak warga agar bergotong royong yakni warga yang mampu membantu warga yang kurang mampu. 

"Warga kami banyak yang menjadi petani, pedagang dan buruh. Jadi di masa pandemi ini mereka merasa bantuan Program BSPS sangat membantu mereka secara perekonomian maupun kesehatan," ungkapnya. (ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama