Empat Pagu BPNT Dicairkan Bulan Ini, Musa Werliansyah: Jika Ada Yang Nakal Laporkan!

Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Lebak Musa Werliansyah.


MENARATODAY.COM-Ada kabar menggembirakan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dipenghujung tahun 2021. Pasalnya, para penerima Bansos Sembako BPNT untuk bulan November hingga Desember 2021 dipastikan cair, melalui agen e-warung terdekat.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik.

Bantuan ini digunakan hanya untuk membeli bahan pangan dipedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni BNI, BTN, BRI dan Bank Mandiri.

Dikutip dari Kemensos, penyaluran BPNT/Kartu Sembako dilakukan setiap bulan selama periode Januari-Desember 2021 melalui Bank HIMBARA dan agen yang ditunjuk. Jumlah besaran BPNT/Kartu Sembako yaitu Rp200.000/bulan/KPM, maka jika diakumulasi para penerima BPNT bakal menerima bansos sebesar Rp. 800 ribu.

"Jadi KPM BPNT yang reguler dan existing akan menerima pagu 11 hingga 14 sekaligus dengan nilai Rp. 800 ribu per KPM, Bantuan ini bentuknya uang tunai ya bukan paket sembako, hal ini dimaksudkan agar KPM bisa memilih sendiri mau belanja kemana dengan uang tersebut, hal ini sesuai dengan surat dari direktorat jenderal penanganan fakir miskin (PFM) Kementrian sosial RI dengan nomor 5370/6.1/BS.01/12/2021," demikian dikatakan Ketua Fraksi PPP DPRD lebak Musa Werliansyah. Minggu (19/12/21).

Musa menambahkan, kementrian sosial mengharuskan diberikan tunai, karena dikhawatirkan ada agen nakal yang menggesek uang KPM terlebih dahulu, tapi beras dan komoditi lainnya tidak diberikan. 

"Selain itu dikhawatirkan juga ada manipulasi oleh agen kepada para KPM, misal harusnya dapat empat pagu, hanya dikasih 1 pagu atau 3 pagu," jelasnya.

Meski demikian, kata Musa, ke empat pagu bansos ini tidak dicairkan sekaligus. Hal ini demi mencegah pembusukan dari item-item sembako yang cepat membusuk seperti telor, beras, sayuran dan daging. 

"Maka dari itu agen tidak boleh memberikan empat pagu sekaligus, karena komoditi yang diberikan oleh agen biasanya sistem paket, dikhawatirkan membusuk," ungkapnya.

Masih kata Musa, kepada para PKM dihimbau untuk mengecek terlebih dahulu saldo BPNT sebelum melakukan penggesekan kartu keluarga sejahtera (KKS) nya di agen masing-masing. 

"Ini wajib hukumnya untuk ditunaikan, saya minta kepada para kepala desa sebagai pengawas, juga TKSK harus bekerjasama dengan baik dengan memberikan arahan kepada KPM, jangan bermain-main dengan KPM dan jangan malah dijadikan ajang kepentingan bisnis atau mencari keuntungan," himbaunya. 

Musa juga meminta kepada LSM, TNI, Polri, media dan ormas untuk bekerjasama mengawasi jalannya pencairan bansos BPNT ini. 

"Jika ada agen yang mencairkan empat pagu sekaligus segera laporkan ke pihak kepolisian atau langsung ke inspektorat jenderal kemensos RI," tegasnya.

Namun, apabila ada masyarakat mengalami kesulitan dalam melakukan laporan kepada instansi yang berkompeten, Musa menyatakan siap membantu. 

"Saya siap bantu jika memang laporan yang disampaikan mengalami kendala, laporan informasi bisa dikirim melalu nomor WA 0813-1655-5558, Kerahasiaan pelapor terjamin," tutupnya. (ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama