Tingginya Curah Hujan, Ini Himbauan Wabup Tapsel Kepada Kades & Lurah


Menaratoday.com - Tapsel

Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan , Rasyid Assaf Dongoran,MSi mengingatkan kepada semua kepala Desa dan Lurah untuk segera membentuk Tim Kecil Bersifat sementara (Adhoc) dalam menghadapi fenomena tingginya curah hujan di akhir tahun 2021 dan Awal Tahun 2022.

Pilih pemuda Sukarelawan Desa yang kuat, sehat serta tenang hatinya dalam mampu menjadi Tim Khusus dalam menjalankan tugas untuk waspada selalu, tentu mereka faham bagaimana bertindak dengan hati-hati. Bisa jadi mereka akan bertugas memantau sungai sungai , Potensi longsor ataukan potensi banjir dengan adanya curah hujan yang lebat. 

Tugas Tim kecil ini, ada gugus tugas yang bersifat sementara , dapat dibentuk 1 atau 2 hari , mereka menjadi Tulang punggung dalam aksi & mengkoordinasikan semua hal yang diperlukan dalam mengahadapi tanah longsor & banjir di Desa sekaligus tim koordinasi  baik ke instansi vertikal di tingkat Kabupaten maupun horisontal dengan Desa sekitarnya. 

Camat dan Sekcam untuk mengalokasikan waktu berkeliling dan berkoordinasi dengan Danramil serta Kapolsek untuk mengevaluasi & memonitoring situasi di wilayah masing masing , Lalu buat laporan kepada Bupati dan wakil Bupati, terutama laporan kepada Sekdakab yang merupakan Ex officio kepala BPBD (Permendagri) ,  dibantu Kepala Pelaksana lapangan  BPBD

Saat ini kita bukan memasuki fase mitigasi bencana  tapi fase aksi untuk mengantisipasi situasi yang membutuhkan kerja cepat dan berpikir cepat. 

Rasyid menambahkan bahwa Minggu lalu saya sudah minta Kepala BPBD dan staffnya untuk hadir di kantor saya dan kami sudah berdiksusi tentang kesiapan tim BPBD untuk bencana banjir , bencana longsor , Bencana gempa bumi dll, saya mendapatkan penjelasan dari tim BPBD bahwa mereka siap.

Satu hal yang perlu kita kedepankan adalah saat dilapangkan harus saling mendukung dan jangan saling mencari kesalahan serta ikhlash bekerja semampu kita  , ujar Wakil bupati

Semoga Kita mampu melewati bencana tanah longsor dan banjir yang telah terjadi dan mari berdoa agar kedepan longsor tidak banyak terjadi.(Ucok Siregar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama