Danrem 042/Gapu Hadiri Rakor Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana Wilayah Jambi

MenaraToday.Com - Muaro Jambi : 

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M.Zulkifli, S.I.P.,M.M. hadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana Wilayah Jambi yang dipimpim langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Dr. (H.C) Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 didampingi Pj Gubernur Jambi Ibu Dr. Hari Nur Cahaya Murni, M.Si bertempat di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi, Kamis (6/1/2022) pukul 15.00 Wib.

Pj Gubernur Jambi Ibu Dr. Hari Nur Cahaya Murni, M.Si, dalam laporannya terkait perkembangan Covid-19 Prov Jambi tentang Isu Strategis terkait ketersediaan ruang rawat rumah sakit Covid-19, trend kasus konfirmasi Covid-19, angka kesembuhan dan angka kematian.

Dalam paparannya Pj. Gubernur menyampaikan kendala yang dihadapi tentang Data Covid-19 yang tidak singkron antara Kab/Kota dan Provinsi, Insentif Nakes, Daya tampung rumah sakit dan ruang isolasi terbatas serta ADM Laboratorium.

Adapun solusinya, menurut Pj. Gibernur adalah Sinkronisasi data Covid-19 dari rumah sakit dan laboratorium mandiri harus dilaporkan ke dinas kesehatan Kab/Kota untuk dilakukan verifikasi, Insentif Nakes dibebankan ke APBD yang sebelumnya menjadi beban APBN, Penambahan ruang isolasi di rumah sakit dan isolasi di Diklat BPSDM Provinsi Jambi dan merekrut tenaga laboratorium, ungkap Pj. Gubernur.

Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Dr. (H.C) Doni Monardo dalam arahannya mengatakan Jambi masih cukup bagus kasus komulatifnya untuk prosentasenya yang sembuh masih kurang banyak dan prosentase positifnya masih banyak, kecendrungannya kasus positif masih meningkat.

Kepada Danrem, Kapolda agar bisa dipetakan supaya bisa tahu penyebabnya dan bisa disiapkan penanganannya.

Sesuai dengan UUD kita dalam pebukaanya bahwa Negara wajib memberikan perlindungan kepada rakyatnya, begitu juga ajaran agama dimana yg sunah harus di nomor duakan silaturrahmi itu sunnah, menjaga keselamatan adalah yang utama dan wajib hukumnya, ujar Letjen Doni.

Perlu diketahui bahwa kasus aktif di India mencapai 9,3 juta dan kita masih jauh dibawah itu. Covid ini ditulari oleh manusia bukan ditulari dari hewan.

Kita harus mencari upaya untuk mengumpulkan para provider Jambi agar jaringan internet jangan sampai ada gangguan. Mudik virtual bisa menyalurkan lebaran pada situasi lebaran yang sama.

Agar petakan Potensi ancaman yang ada di Provinsi Jambi selain karhutla apa saja yang akan mengancam keselamatan warga yang ada di Jambi.

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M.Zulkifli, S.I.P.,M.M dalam paparannya terkait pelaksanaan PPKM berbasis Mikro. Provinsi Jambi sampai saat ini RT Zona merah sudah mencapai 12 , dari zona ini terdapat kasus besar di Kota Jambi terutama hasil dari kegiatan tracking dan screening.

"Siswa yang masuk ke asrama pada saat masuk kurang adanya ketelitian oleh aparat setempat. Tiga hari ke depan ini ada peningkatan pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah banyak yang tidak menggunakan masker dan tidak berjarak serta tidak melepas karpet di Mesjid, sehingga terjadi lonjakan suspek Covid-19", ungkap Danrem.

Masalah Karhutla dari tahun 2015 dan 2019 sekitar lima daerah yang bolak balik terjadi kebakaran itu – itu saja diantaranya daerah Longrang Kumpeh Kab. Muaro Jambi dan Sadu di Kab. Tanjabtim. Setelah kita amati dan cermati karena tidak ada kebijakan srategis yang di lakukan oleh pemerintah Provinsi Jambi terkait karhutla, tandas Danrem.

Hadir pada rapat tersebut Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Perwakilan lembaga usaha terkait, Perwakilan Mabes TNI Mayjen TNI Dedy Sambodo, Anggota DPR RI Dapil Jambi Komisi VIII Drs. H Hasan Basri Agus M.M dan Perwakilan Kejati Jambi, Bupati/Wlikota Se Prov Jambi, Dandim 0415/Bth, serta Kapolresta Jambi. (Arifin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama