Polda Banten Pastikan Ulung Tewas Mengenaskan Akibat Bom Ikan

Kabid Humas Kombes Pol Shinto Silitonga

MenaraToday.Com - Pandeglang :

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan terkait peristiwa ledakan yang terjadi dikampung cisaat, desa citangkil sari kecamatan cimanggu, kabupaten pandeglang, banten pada minggu 09 januari 2022 sekira jam 20.30 wib, polda banten melalui kabid humas Kombes Pol Shinto Silitonga menyatakan bahwa ledakan tersebut diakibatkan oleh bom ikan.

"Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi disimpulkan bahwa sumber ledakan berasal dari bahan peledak yang digunakan untuk membuat bom ikan, efek ledakan cenderung low explosive, dan bukan jenis bahan peledak yang biasa dibuat oleh jaringan teroris,” jelas Shinto. Senin (10/01/22).

Shinto menjelaskan, dari rangkaian sterilisasi oleh Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten dan olah TKP Unit Inafis Ditreskrimum Polda Banten pada siang hingga sore kemarin ditemukan beberapa bungkus plastik kecil sisa flash powder, serbuk belerang, potasium, termasuk alat tumbuk, dan saringan.

Selain itu, kata Shinto, Unit Jibom Satbrimob Polda Banten juga tidak menemukan power dan initiatior saat melakukan sterilisasi, sebagaimana biasa digunakan oleh kelompok terorisme yang senantisa memadukan power, initiator, explosive, switching, casing dan countainer dalam setiap aksi pembuatan bom.


"Dokter forensik yang melakukan otopsi berkeyakinan bahwa dari dampak bahan peledak pada tubuh manusia, tidak ditemukan material berbahaya yang biasa digunakan dalam bom kelompok teroris," tukasnya. 

namun meski demikian, kata shinto, Penyelidikan saat ini terus berjalan untuk dapat menjawab mengapa ditemukan bahan peledak di rumah UL (41) yang mengakibatkan istrinya, LI (40) ikut terluka parah. 

"Berdasarkan catatan kriminal di Ditpolairud Polda Banten, ada beberapa nama yang menjadi target Operasi karena perkara penggunaan bom ikan di sekitar TKP. Informasi ini pasti akan didalami sehingga dapat diketahui siapa pelaku yang memasok bahan peledak ini ke TKP," tutupnya. (la)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama