Rusdinar, Nama Klinik PMI yang Baru di Resmikan Bupati Pandeglang Ternyata Diambil dari Ini...


MENARATODAY.COM, Pandeglang - Unit Donor Darah (UDD) dan Klinik Rusdinar Palang Merah Indonesia (PMI) Pandeglang diresmikan oleh Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita pada Rabu 12 Januari 2022.

Ketua PMI Pandeglang Gunawan mengatakan, tugas PMI diantaranya adalah kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan teransfusi darah, pembentukan dan pembinaan sukarelawan serta pelayanan sosial kesehatan masyarakat.

"PMI Pandeglang akan terus berupaya lagi sehingga keberadaan PMI lebih dirasakan terus oleh masyarakat, dan tujuan kami melaksanakan tugas kemanusiaan yang tidak memandang ras golongan,” ucapnya.

Ketika disinggung perihal anggaran pembangunan klinik Rusdinar, Gunawan menerangkan,  untuk UDD dananya berasal dari dana hibah Pemkab Pandeglang, sedangkan untuk klinik dari Taipei Economic Trade Office (TETO) yang digulirkan melalui PMI pusat.

“Karena aksi kemanusiaan butuh dukungan yang kuat juga dari Pemerintah, tanpa itu PMI akan kesulitan dalam membangun semangat kemanusiaan, semua ikut andil dalam pengembangan kepalang merahan,” tukasnya.

Kepala Bidang Kebencanaan PMI Banten Jaenudin menambahkan, baik PMI provinsi maupun pusat, konsen mendukung PMI Pandeglang dimulai pasca bencana tsunami tiga tahun lalu.

"Dukungan itu diantaranya yakni bantuan Klinik Rusdinar ini," kata Jaenudin. 

Ia menyatakan, Klinik PMI hanya ada di Pandeglang, dan terkait nama Klinik Rusdinar, Jaenudin menjelaskan, nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada ketua PMI Pandeglang periode 2012-2017 yaitu almarhumah Tita Rusdinar.

“Beliau berkontribusi nyata untuk PMI Pandeglang, maka hari ini kita wujudkan impiannya, PMI terus berkontribusi pada aspek kemanusiaan,” kata Jaenudin.

Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam sambutannya menuturkan, adanya PMI, pemerintah sangat terbantu dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

”Kerja PMI sangat nyata, apalagi sekarang ada klinik nya tentu ini menambah pelayanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat menengah kebawah,” tuturnya.  

Irna mengatakan, PMI sejauh ini sangat besar peranannya dalam bidang kesehatan, penanggulangan kebencanaan, dan kegiatan sosial lainnya.

"Apalagi dengan hadirnya klinik yang diberi nama Rusdinar, saya optimis PMI akan semakin memantapkan peranannya," tukasnya.

Lanjut Irna, PMI adalah mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Jika RSUD Full Bad, mungkin bisa juga ditangani disini," harapnya. ***


Penulis: Ila Nurlaila Sari

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama