BPS Gelar Focus Group Discussion Penyusunan Publikasi Toba Dalam Angka Tahun 2022


MenaraToday.Com - Toba : 

Dalam rangka penyusunan publikasi Kabupaten Toba dalam angka tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba, menggelar "Focus Group Discussion (FGD), bertempat di Hotel Marsaringar Balige, Kamis (3/2/2022).


FGD dihadiri Pemkab Toba yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahat Manullang, dengan para peserta dari OPD Pemkab Toba dan instansi vertikal, rangkaian Focus Discussion berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan guna mewaspadai persebaran Covid-19 maupun varian baru.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba Whenlis mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat terkait "Data Toba Dalam Angka Tahun 2022". Selamat berdiskusi bersama para peserta, ujar Whenlis.

Bupati Toba dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahat Manullang, mengatakan bahwa penyusunan publikasi Toba dalam angka tahun 2022 merupakan salah seorang penyelenggara statistik sektoral yang merupakan kompilasi produk administrasi dari masing-masing OPD dan instansi terkait, dimana data yang dikumpulkan merupakan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi tersebut untuk mendapatkan statistik sektoral yang berkualitas, dimana data yang dihasilkan harus memenuhi kriteria relevan, akurat, tepat waktu, mudah diakses, mudah ditafsir dan konsisten.

"Peran data dalam siklus pembangunan sangatlah penting, dimana hal ini sebagai dasar penyusunan kebijakan rencana pembangunan sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan, agar sejalan dengan indikator-indikator yang ditetapkan dan sebagai evaluasi hasil pencapaian pembangunan, serta sebagai acuan dalam menentukan batasan-batasan pembangunan dan pengendalian pembangunan", terang Sahat.

Baru-baru ini, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI), dimana melalui SDI, dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah untuk mendukung perencanaan pelaksanaan evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Menurut UU No 16 Tahun 1997 tentang statistik, pada pasal 5 disebutkan bahwa jenis-jenis statistik ada 3 yaitu statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus.

Peserta FGD diharapkan dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya penyusunan "Publikasi Toba Dalam Angka Tahun 2022", dengan memberikan data yang sesuai kriteria relevan, akurat, mudah ditafsir dan konsisten, pungkas Sahat Manullang. (J. Tambunan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama