Pemkab Toba Tanam Pohon di Desa Wisata Tarabunga

MenaraToday.Com -  Toba : 

Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi  ke-23 Kabupaten Toba, saya mengajak seluruh masyarakat Toba untuk memelihara dan melestarikan  keindahan lingkungan di Toba dengan menanam pohon.

Hal ini disebutkan Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus sesaat sebelum melakukan penanaman pohon di Desa  Wisata, Desa Tarabunga Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba, Selasa (8/3/2022).

Berbagai jenis pohon yang ditanam pada kesempatan ini diantaranya pohon Macadamai, pohon Suren (Ingul), pohon Mahoni, Pohon Matoa, dan Trembesi.

Bupati Toba Poltak Sitorus juga menyampaikan bahwa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 tahun ini dilakukan tanpa perayaan pesta-pesta tapi dilakukan dengan memelihara alam yang Tuhan telah anugerahkan kepada kita.

"Makanya hari ini kita tanam pohon dan kami mohon kepada kepala desa dan masyarakat agar memelihara dan menjaga pohon yang ditanam agar tidak mati apalagi di rusak oleh ternak," sebutnya.

Ditambahkannya bahwa dengan menanam pohon ini, kita jadikan kabupaten ini menjadi kabupaten yang asri dan masyarakat dapat melakukan perubahan pelayanan dalam menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Toba.

"Kalau kita tidak berubah maka wisatawan tidak akan mengajak yang lain untuk datang karena kecewa dengan pelayanan kita,"sambungnya.

Terkait adanya keluhan wisatawan tentang mahalnya harga yang harus dibayarkan saat berwisata ke Toba, Bupati Toba mengimbau para pedagang dan pegelola wisata untuk tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Bahkan Bupati Poltak Sitorus meminta setiap masyarakat juga dapat menjadi "tour guide" untuk dapat mengenalkan daerah wisata di Toba ini kepada wisatawan agar mereka benar benar mengenal dan dapat menceritakan kembali Toba ini.

"Pastikan mereka puas akan pelayanan bapak ibu, jangan sampai minta uang dulu, berikan kenyamanan,"tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus yang turut mendampingi bupati,  menyampaikan bahwa melalui penanaman pohon ini diharapkan akan menghasilkan berkat dan manfaat bagi masyarakat Toba khususnya masyarakat di Tarabunga ini dan Toba menjadi daerah yang bersih.

"Tarabunga daerah yang indah, mari kita tanamkan pola pelayanan dan kebersihan karena wisatawan bukan melihat keindahannya saja. Jadikan wisatawan dapat benar benar menikmati toba ini namun mereka dapat menceritakan tentang Toba ini di luar sana bahkan sampai ke mancanegara," sebutnya. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama