Pemkab Pandeglang Sikapi Kondisi Mbah Adang, Kakek Berusia 120 tahun di Cibitung


Pandeglang, MENARATODAY.COM - Setelah ramai diberitakan oleh sejumlah media online, pada Rabu (04/05/2022), Kakek tua renta bernama Mbah Adang yang diperkirakan berusia sekitar 120 tahun yang hidup sendirian di Kampung Sukamaju Cipari, Desa Manglid, Kecamatan Cibitung, akhirnya mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten.

Diberitakan sebelumnya, Mbah Adang hidup seorang diri tanpa anak dan istri yang menemani, bahkan ketika mengalami sakit parah di bagian kakinya pun tak ada bantuan untuk berobat. Hal ini diungkapkan oleh salah satu warga setempat sekaligus tetangga Mbah Adang bernama Sambojah.

Alhasil, laki-laki yang akrab disapa Mbah Adang ini terpaksa harus menahan sakitnya dibagian kaki yang mengalami pembengkakan selama dua bulan terakhir. 

Akibat kondisi ekonomi, Mbah Adang pun tidak mampu berobat dan hanya bisa menahan rasa sakitnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang Melly Dyah Rahmalia melalui pesan Whatsapp, Kamis (05/05/2022), membantah bahwa informasi itu tidak sepenuhnya benar.

"informasi dari Dinas Sosial bahwa mbah Adang ini salah satu warga yang mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bantuan PKH dan PBI, BPNT juga dapat," ujarnya.

Selain bantuan berupa pangan, lanjut Melly, abah juga dapat bantuan program RTLH.

"Tahun 2019 abah sudah dapat bantuan RTLH, untuk kedepannya kita dorong semoga bisa dimasukkan ke dalam program BSPS dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Terkait masalah kesehatan nya, Melly mengatakan abah selalu rutin mendapatkan layanan kesehatan karena abah masuk dalam program PBI.

"Sesuai informasi dari Sekdes Manglid, Petugas puskesmas selalu mengecek kesehatan abah secara berkala," tukasnya.

Dan adapun informasi soal Mbah Adang hidup sendirian itupun tidak benar.

"Abah tinggal bersama anaknya yaitu Sidik. Jadi gak benar kalo abah hidup sendirian," tutupnya.

Berdasarkan rekaman video yang diterima tim menaratoday.com, tampak Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Wakil Bupati Tanto W Arban memberikan bantuan berupa uang tunai yang dikemas dalam amplop bergambar Bupati dan Wakil kepada Mbah Adang yang diserahkan oleh utusan dari Puskesmas Cibitung. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama