PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate Adakan Pelatihan Pengendalian Karhutla

MenaraToday.Com - Simalungun  :

PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate Dolok Merangir kabupaten Simalungun kecamatan Dolok Batu Nanggar Sumatra Utara melakukan kegiatan pelatihan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dalam mengantisipasi areal HGU PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate di Aula Club  PT Bridgestone Rabu - Jum'at (18 - 20/05/22) yang diikuti 16 orang dan dilatih oleh Manggala Agni DAOPS Sumatera II/Pematang Siantar dengan dibuka langsung oleh  Pimpinan PT Bridgestone H. Gatot Andrianto (GM , Field).

"Saya berharap kegiatan ini merupakan langkah awal jalinan silaturahmi antara PT Bridgestone dan kementerian kehutanan melalui Manggala Agni DAOPS Sumatera II/ Pematang Siantar, mungkin ke depan kegiatan ini bisa dibuat dengan skala yang lebih besar lagi dan apabila terjadi kebakaran bisa menggangu ekosistem kita, maka dari itu kita harus benar-benar serius dalam penanganan hal ini." ujar beliau saat pembukaan acara.

Pimpinan PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate yang mengikuti kegiatan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan tersebut, Saiful Amri (Mgr SHE), Dani Sukmayadi (Asst SHE), Budi Hartono (Fire Officer) dan Dudi (Regards).

Kegiatan ini bertujuan tentang bagaimana cara menangani dan mengantisipasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran,yang mencakup tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat/lingkungan HGU PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate.

Kementerian kehutanan melalui Manggala Agni DAOPS Sumatera II/Pematang Siantar mengajar kan tentang pengenalan jenis api, peralatan pemadam kebakaran, sampai dengan cara menggunakan peralatan pemadam kebakaran dengan benar baik peralatan tradisional maupun peralatan modern serta mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran menggunakan peralatan pemadam tersebut di lapangan.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya di rasakan masih sangat kurang, khusus nya bagi masyarakat umum. Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang di timbulkannya , di perlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. 

Penyampaian materi dan pengenalan alat-alat serta kegunaan yang  di sampaikan oleh Kepala bidang pemadam kebakaran lahan dan hutan,Anggiat Sinaga, S.Hut Kadaops (Kepala daops) Maralo Tambun ,S.Hut Sekretaris daops dan seluruh team dari Manggala Agni DAOPS Sumatera II /Pematang Siantar.

Setelah team Manggala Agni DAOPS Sumatera II/ Pematang Siantar memberikan materi di Aula Club PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate Dolok Merangir hari ketiga mereka mempraktekkan dengan simulasi api di lapangan bola kaki DIV.II - Sub.DIV.F/II DM. Dan mereka memberikan penjelasan mengenai hal - hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menangani kebakaran dengan benar dan tepat serta cara penggunaan alat yang akan digunakan dalam pemadaman api, seluruh peserta pun dengan antusias arahan yang di berikan oleh team Manggala Agni DAOPS Sumatera II/Pematang Siantar.

Sebelum team Manggala Agni DAOPS Sumatera II/ Pematang Siantar mengenalkan alat - alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran.

Setelah selesai praktek di lapangan terbuka seluruh tim Manggala Agni DAOPS Sumatera II/ Pematang Siantar dan peserta dari PT Bridgestone kembali ke Aula Club PT Bridgestone dan di akhiri dengan penutupan yang di sampaikan oleh pimpinan PT Bridgestone Saiful Amri (Mgr SHE). 

"Pencegahan itu sangat penting, karena bagaimanapun apabila terjadi kebakaran itu mengakibatkan kerugian yang sangat besar dari segi aset. Kemudian juga ekosistem lingkungan. Dan kita akan tetap melakukan evaluasi di lapangan nanti nya di setiap Divisi." Ungkap nya diakhir penutupan pelatihan. (Eri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama