Selain Dana Hibah, Karang Taruna Tapsel Juga Dipasilitasi Mobdis

Menaratoday.com - Tapsel

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan tercatat dalam laporan keuangan Pemkab Tapanuli Selatan setiap tahun mendapat suntikan dana hibah. Selanjutnya, Pemkab Tapanuli Selatan juga memfasilitasi dengan mobil plat merah plus kantor yang berada di jalan tapian nauli kelurahan Ujung Padang Kota Padangsidimpuan ex kantor Satpol PP Tapanuli Selatan. Namun belum diketahui apakah mobil dinas dan kantor tersebut telah didukung berita acara pinjam pakai.


Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Tapanuli Selatan menggelontarkan dana hibah setiap tahun berturut-turut Rp300 juta lebih. Namun belum diketahui apa alasan dan motivasi memberikan anggaran dan fasiltas itu.


Selain itu, ketua Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga juga merupakan pendamping lokal desa di Kecamatan Angkola Selatan. Hal tersebut terungkap saat diunggah melalui sistem informasi desa diketahui tempatnya bertugas yaitu Desa Tandihat, Desa Perkebunan Marpinggan serta Desa Dolok Godang.


Dana hibah setiap tahun berturut-turut mulai tahun anggaran 2019, 2020 dan 2021 yang diberikan ke Karang Taruna Tapanuli Selatan diduga laporan pertanggungjawabannya tidak diyakini kebenarannya. Apalagi pada saat itu dalam situasi covid-19, sehingga kegiatan-kegiatan bersifat kerumunan dilarang pemerintah.


Kalaupun biaya konsolidasi ke desa dan kecamatan sebagian besar dipertanggungjawabkan dalam dana hibah, tentu kendaraan yang dipakai adalah mobil dinas yang diberikan Pemkab Tapsel tersebut. Mustahil dana hibah dengan anggaran sebesar Rp325 juta dihabiskan. Apalagi, kegiatan- kegiatan karang taruna di desa telah ditampung anggarannya di dana desa. Sudah selayaknya Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan memanggil dan memeriksa ketua dan bendaharanya.


Sementara itu, Kepala Desa Perkebunan Marpinggan, Tarso saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp (4/5/2022) membenarkan bahwa Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan masih bekerja sebagai PLD (Pendamping Lokal Desa) di desa Perkebunan Marpinggan. Hal yang sama juga dinyatakan Kepala Desa Tandihat Ranto Panjang Sipahutar.


Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga saat dihubungi via WhatsApp (4/5/2022) tidak memberikan jawaban, chat pun tidak dibalas.(Adi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama