Di Momen Harla Pancasila, Warga Desa Gonting Malaha Jadikan Jalan Wisata Mandi Lumpur Dan Upacara Bendera

MenaraToday.Com - Asahan ; 

Di Momen Hari Lahir Pancasila, warga Desa Gonting Malaha, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan menjadikan jalan sebagai wisata mandi lumpur. Selain itu, warga juga menggelar upacara bendera di tengah kubangan jalan rusak, Rabu (1/6/2022).

Kegiatan itu dilakukan masyarakat sebagai bentuk kekesalan dan kritik masyarakat terhadap Pemerintah setempat, yang mana sudah puluhan tahun tidak pernah disentuh bangunan jalan.

Di lokasi, sekitar pukul 10:00 WIB puluhan warga terlihat sudah berkumpul di jalan desa. Mereka kemudian berbaris dan berdiri di atas kubangan jalan itu. Prosesi upacara digelar dengan menaikkan bendera merah putih dan pembacaan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara.

Setelahnya, masyarakat mandi lumpur di dalam kubangan jalan rusak seperti berwisata dan melakukan lomba tangkap ikan di dalam kubangan.

"Upacara menaikkan bendera ini sengaja kami gelar memperingati hari lahir Pancasila di atas jalan desa kami yang rusak sebagai bentuk kekecewaan bahwa jalan di desa ini tak pernah tersentuh," kata pemuda desa, Ikbal (30) kepada wartawan.

Menurutnya inisiatif menggelar upacara di atas kubangan jalan rusak itu diinisiasi oleh pemuda desanya dengan harapan viral dan cepat mendapatkan respon dari pemerintah setempat.

Sebelumnya kata warga, upaya permohonan perbaikan jalan ini sudah berulang kali disampaikan warga mulai dari musyawarah desa hingga berunjuk rasa ke kantor Bupati Asahan pada bulan Maret lalu. 

"Waktu itu dari dinas pekerjaan umum ada menjanjikan perawatan tapi sampai sekarang tidak ada realisasi," katanya.

Menurut warga ada sekitar 13 kilometer jalan milik Kabupaten di desa tersebut yang rusak mulai dari Desa Gonting Malaha menuju Desa Bandar Pulau Pekan.

"Sudah muak kami jalan rusak begini terus tak pernah diperbaiki. Terutama kalau ada orang sakit apalagi mau melahirkan bisa melahirkan di jalan dia sebelum sampai Puskesmas," ujarnya. 

Selain menggelar upacara di tengah jalan rusak, warga juga membentang spanduk bertuliskan 'Selamat datang di jalur wisata jalan berlubang dari desa Gonting Malaha menuju desa Bandar Pulau Pekan' (SM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama