Kota Probolinggo Ikut Sambut Festival Harmoni Indonesia

MenaraToday.Com - Probolinggo : 

Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum bekerja sama dengan Boss Pencipta Kreasi menyelenggarakan giat Festival Harmoni Indonesia, yang rencananya akan dilaksanakan pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28-29 Oktober mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Untuk persiapan itu, Kemendagri melaunching giat Festival Harmoni Indonesia secara virtual yang diikuti segenap jajaran instansi pemerintahan provinsi, kabupaten/kota terkait se- Indonesia, Rabu (22/6) pagi. Dari Command Center ikut menyimak Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo, Plt Kepala Bakesbangpol Titik Widayawati, Plt Kadispendikbud Wawan Sugiantoro.

Dirjen Pol dan Pum Kemendagri Bahtiar mengatakan Festival Harmoni Indonesia ini merupakan upaya mempersatukan keberagaman Indonesia. “Penguatan nilai-nilai seni dan budaya serta kearifan lokal sebagai identitas bangsa untuk memperkokoh kebhinekaan, karena Indonesia ini beragam suku,” jelasnya.

'Keberagamaan itu terlihat dari Indonesia memiliki suku bangsa lebih kurang sekira 1.300an, bahasa daerah sekira 700an. “Belum lagi jenis makanan, alat musik tradisional, pakaian adat, film, kesenian, tari dan sebagainya. Intinya adalah kami mengupayakan menyatukan kebhinekaan itu dalam sebuah ajang Festival Harmoni Indonesia,” tutur   Bahtiar.

Sementara itu, Ucup, salah seorang Tim Kreator Festival Harmoni Indonesia yang diundang launching itu mengungkapkan, dipilihnya TMII menjadi tempat pelaksanaan Festival Harmoni Indonesia 2022 karena sudah dikenal dunia. 

“Karena Taman Mini (TMII, red) adalah one stop of entertainment, yang paling bisa mempresentasikan Indonesia (keberagaman). Taman Mini bisa menjadi tempat untuk dilakukannya berbagai macam festival, bahkan semua festival dapat dilakukan disini. Karena Taman Mini punya fasilitas semua bahkan punya tempat penayangan film dengan kualitas yang tidak usa diragukan lagi. Dan Taman Mini memiliki usur yang paling konkrit, yaitu unsur nostalgia kebahagiaan,” terang Ucup.

Sebagai Tim Kreator Ucup berharap Festival Harmoni Indonesia bisa menampilkan keberagaman pada 34 daerah / provinsi.

 “Akan ada musik, kulineran, tarian, film yang mewakili daerah. Kurang lebih konsepnya kita mau meng-capture yang ada di Indonesia dari 34 provinsi,” bebernya.

Ditemui usai live streaming launching Festival Harmoni Indonesia Plt. Bakebangpol Titik Widayawati menyatakan kesiapannya terkait program kerja Kemendagri itu. “Ini kan mau membuat kegiatan baru yang terpusat di Taman Mini Indonesia Indah, ya. Dan itu nanti akan menampilkan seluruh budaya di Indonesia, yang akan dikolaborasikan antar daerah, daerah satu dengan daerah yang lain. 

"Mungkin nanti ada perwakilan dari provinsi atau kabupaten/kota ikut ambil bagian dari festival ini. Kita melihat lagi petunjuk selanjutnya. Intinya kami sangat mendukung dan siap,” tuturnya.

Titik juga menyampaikan bahwa instansi pemerintah kabupaten/kota yang mengemban tugas ini adalah Dispendikbud, karena yang memangku kebudayaan. ( De Songot )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama