Pertama di Indonesia, Dishub Kota Probolinggo akan Luncurkan Aplikasi 'Robokir'

MenaraToday.Com - Probolinggo : 

Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mempunyai terobosan baru dalam dunia digital yaitu, Robocall KIR (ROBOKIR). Robokir merupakan sebuah aplikasi robot suara yang membantu mengingatkan para pemilik kendaraan untuk ujian KIR. Peresmian aplikasi ini dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Selasa (21/6/2022)

Dishub Kota Probolinggo bekerja sama dengan Telkomsel menciptakan inovasi ini. Merunut pada Mei tahun 2021, Pemkot Probolinggo dan Telkomsel telah menandatangani kesepakatan bersama tentang pengembangan solusi digital berbasis program. “ Kami menindaklanjuti perintah Bapak Wali Kota, MoU yang telah ditandatangani pada tahun 2021 ini, kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk mengembangkan kerja sama secara teknis di lapangan. Nah, kami di tahun 2022 ini bersama kepala Telkomsel Probolinggo berusaha membuat inovasi yang terbaru,” terang Kepala Dishub, Agus Effendi saat menyampaikan sambutan mewakili wali kota. 

Agus juga menjelaskan hal yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi tersebut adalah UPT PKB selama ini mengirimkan surat secara manual kepada pemilik angkutan barang maupun penumpang. “Bersurat ini tantangannya juga banyak sehingga terjadi keterlambatan sehingga pada waktu kendaraan sudah memasuki masa uji setelah diurus ternyata jatuh temponya sudah lewat sehingga dikenakan denda. Sehingga muncul permasalahan yang membuat pengusaha ini tidak termotivasi melaksanakan uji KIR secara berkala, setiap 6 bulan sekali,” jelasnya terperinci.

Dijelaskan dalam Undang-Undang no 22 tahun 2009 terkait dengan lalu lintas pengangkut barang, bahwa kendaraan angkutan harus diuji KIR secara berkala demi keselamatan, tidak hanya pada penumpang atau kru yang melaksanakan layanan tetapi juga pengguna jalan yang lain. Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatan layanan supaya pemilik kendaraan termotivasi untuk melaksanakan uji KIR secara berkala.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Robocall antara PT Telkomsel dengan Dishub dan disaksikan oleh perwakilan PT Telkomsel. Launching aplikasi Robokir ditandai dengan menekan tombol bahwa aplikasi tersebut sudah berjalan. 

General Manager Network Engineering and Quality Jawa Bali PT Telkomsel, Wendy Adewijaya, mengucapkan   terima kasih atas kerja samanya Pemerintah Kota Probolinggo.

“Kebetulan ini menjadi yang pertama di Dishub Kota Probolinggo. Applause banget ini. Mudah-mudahan ini menjadi titik tolak untuk direkomendasikan ke Dishub daerah lain serta pastinya ini awal dan kami sebut sebagai digitalisasi. Pastinya ini lebih efektif lagi, lebih efisien dan jauh lebih murah. Jadi dengan adanya kerja sama ini kedua belah pihak bisa saling menguntungkan satu sama lain. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan menjadi budaya kita untuk memberi lebih pada masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Dalam acara peresmian Robokir ini, turut hadir yaitu Kepala UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur, Supriyadi; General Manager PT. Telkomsel dan kepala dinas terkait di Lingkungan Kota Probolinggo. ( De Songot )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama