Potret Linmas Balearjosari, Pasukan Ujung Tombak Ciptakan Kamtibmas

MenaraToday.Com - Malang :

Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjadi ujung tombak bagi kondisi keamanan, ketentraman dan ketertiban di masyarakat. Karena anggota Linmas merupakan personil yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Seperti halnya Linmas Balearjosari, Kecamatan Blimbing Kota Malang. TNI Polri beserta Pemerintah Daerah terus mengasah keberadaan linmas sebagai pasukan khusus dalam menjaga keamanan dan pencegahan lingkungan wilayah.

“Pembentukan pasukan khusus Linmas ini tidak lain agar anggota Linmas memiliki peran dalam menjaga ketertiban umum,” kata Kasitantrib Balearjosari Soni kepada menaratoday, Minggu (19/6).

Kendati demikian, menurutnya pihaknya akan terus mengasah kemampuan anggotanya melalui berbagai pelatihan maupun kegiatan rutin khusus bagi para anggota linmas Balearjosari.

Hal tersebut dilakukan mengingat selama ini Linmas hanya difungsikan saat ada acara hajatan. Padahal sebenarnya, tugasnya Linmas lebih dari itu, yakni bertanggung jawab atas ketertiban dan keamanan lingkungan.

“Kita ingin mengubah pandangan itu (Linmas hanya berjaga di acara hajatan). Sebab fungsi dan tugas Linmas pada dasarnya sangat memberikan manfaat,” kata Soni.

Diketahui, di Balearjosari sendiri saat ini terdapat kurang lebih 55 anggota linmas yang tersebar di seluruh Kelurahan Balearjosari. Kiprah mereka dinilai warga sangat berdampat positif.

“Selama ini mereka (anggota Linmas) bertugas dan loyal untuk membantu kegiatan desa serta lingkungan masing-masing. Bahkan dalam beberapa kegiatan, termasuk saat terjadi bencana alam atau gangguan, Linmas sering kali ikut serta dan membantu,” pungkasnya.

Atas hal itu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta anggota Paskhas Abd. Rahman Saleh bertekad meningkatkan kualitas anggota Linmas, baik dari sisi kedisiplinannya maupun loyalitasnya terhadap keamanan negara.

Adapun acara pelatihan bertajuk 'Peranan Linmas Dalam Masyarakat' dihadiri Sekretaris Lurah Balearjosari, Anggota Paskhas ABD. Rahman Saleh Serma Yudi, Bhabinmas Balearjosari Aiptu Zainul Arifin dan Babinsa Balearjosari Sertu Risnoto serta Kasitantrib Balearjosari dan Danton Linmas Balearjoasari Rahayu Effendi berikut anggotanya. (Sofyan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama