Penggunaan DD dan Kinerja Perangkat Desa Gunung Kataran Disorot Publik

Kantor Desa Gunung Kataran, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai.(Foto/Irlan Jaya Situmorang)

MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Penggunaan Dana Desa (DD) yang tertuang dalam APBDes Tahun 2022 di Desa Gunung Kataran, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), disorot dan dipertanyakan Publik.

Pantauan kru Media ini, Senin (11/7/22) publikasi APBDes melalui baliho atau papan informasi Penggunaan Dana Desa yang terpampang di dinding Kantor Desa dengan jumlah 1 Milyar lebih bersumber dari APBN dan APBD terkesan kurang terperinci. 

Sehingga masyarakat dan publik kesulitan untuk mendapatkan informasi secara utuh terkait penggunaan Dana Desa di Desa Gunung Kataran tersebut.

Seperti yang tertulis dalam BIDANG PEMBANGUNAN DESA dengan Anggaran mencapai Rp 200 Juta lebih,  diantaranya Sub Bidang Pendidikan, Sub Bidang Kesehatan, Pemeliharaan Gedung, Pemeliharaan Fasilitas Pengelolaan Sampah Desa dan item lainnya, tidak diketahui masyarakat secara utuh digunakan kemana dan untuk apa-apa saja.

Selain itu, BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, KEADAAN DARURAT DAN MENDESAK DESA, dengan Anggaran Rp 346 Juta lebih, juga tidak diketahui masyarakat (publik) kemana saja dan untuk apa-apa saja dipergunakan.

Terkait penggunaan Dana Desa itu, Tim MenaraToday.Com mencoba Konfirmasi ke Kantor Desa kepada Sugiono selaku Kades Gunung Kataran, tapi sayangnya Sugiono yang hendak dikonfirmasi tidak berada ditempat.

"Pak Kades gak ada, tadi ada, baru pergi, katanya dia ada rapat" kata wanita yang mengaku sebagai Operator ini.

Tapi anehnya, saat MenaraToday.Com mempertanyakan beberapa kegiatan terkait Penggunaan Dana Desa di Desa Gunung Kataran kepada Operator Desa ini, dirinya mengaku sama sekali tidak mengetahuinya.

"Kurang tau Pak, gak tau Pak" jawabnya saat dicecar pertanyaan oleh Wartawan.

Tak hanya soal Dana Desa, kinerja perangkat Desa Gunung Kataran yang digaji dengan uang Negara juga menjadi sorotan publik.

Sebab, mereka tekesan kurang maksimal dalam bekerja dan disebut masyarakat bahwa perangkat-perangkat Desa di Desa Gunung Kataran jarang masuk ke Kantor.

"Saya sudah berulangkali ke Kantor Desa Gunung Kataran ini, tapi gak pernah satu orang pun perangkat Desa kulihat ada di Kantor" ucap Sitanggang, salah seorang aktivis penggiat anti korupsi.

Terkait Penggunaan Dana Desa dan Kinerja Perangkat Desa Gunung Kataran itu, dihari yang sama, MenaraToday.Com konfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) kepada Camat Tebing Tinggi, Edi Saputra, tapi Camat Tebing Tinggi Kabupaten Sergai ini hanya membalasnya dengan singkat.

"Tentang apa itu Bang?" balasnya, tapi belum menanggapi apa yang dipertanyakan Wartawan soal Penggunaan Dana Desa dan Kinerja Perangkat Desa Gunung Kataran.(Irlan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama