Sambut Hari Jadinya ke-122, Pemdes Sumawe Gelar Ruwatan Desa

MenaraToday.Com - Malang :

Semarak HUT RI KE-77  di desa Sumawe juga ketepatan HUT Desa Sumawe ke-122.  diadakan Ruwatan Desa. Desa Sumbermajing wetan Kecamatan Sumbermanjing wetan Kabupaten Malang, Selasa 23/08/2022.

Acara ini diadakan setiap tahun oleh pemerintah desa Sumawe (Sumbermanjing Wetan) acara uri-uri budaya adat tetap dilaksanakan namun dengan melaksanakan protokol. Hari ulang tahun Desa Sumawe yang ke-122 mengelar Wayang kulit sedalu natas dan siangnya diadakan ruwatan desa.

Adat bersih desa ini diadakan untuk melestarikan budaya adat yang ada di desa Sumbermajing wetan. Drs Sujono Kepala Desa Sumawe mengutarakan “kegiatan bersih desa saat ini kita kemas sedemikian rupa selama 1hari 1 malam. Tadi siang kita adakan bersih desa atau Ruatan desa. Dan malam harinya kita sugukan pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu mustiko aji, dengan dalang Ki Hadi Siswoko, cerita pewayangan ini menceritakan garis besarnya yaitu merangkul semua untuk membangun bukan dengan memukul, sehingga semua menjadi makmur, berkah dan kehidupan semakin harmonis menuju suatu kemuliaan dan kejayaan.” 

Dalam acara pagelaran wayang kulit ini dihadiri  Bupati Malang HM Sanusi bersama staf, juga Muspika Kecamatan Sumawe  juga beberapa kepala desa dari kecamatan Sumawe beliau semua sepakat dan mengapresiasikan kegiatan yang dilakukan oleh Desa Sumawe, ini bukti kalau kesenian dan kebudayaan kita masih hidup dan berdiri tegak perlu dilestarikan supaya tepat lestari selamanya. 

Dari pantauan awak media acara uri-uri budaya yang dilaksanakan di desa Sumawe ini. Kegiatan tersebut atas kerja sama dengan semua panitia, tokoh masyarakat, dan seluruh stage holder yang mendukung demi suksesnya acara. (dwi/sunarto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama