8 Desa di Kabupaten Indramayu Ikuti Pelatihan Teknis Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital 2022

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu mendorong 8 desa yang berasal dari Kecamatan Losarang dan Kecamatan Indramayu mengikuti  Pelatihan Teknis Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital Tahun 2022.

Hal itu terungkap ketika Diskominfo Kabupaten Indramayu yang diwakili Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) didampingi para kepala seksi  turut hadir dalam pembukaan Pelatihan Teknis Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital 2022, di Verse Hotel Kota Cirebon, Kamis (6/10/2022).

Sebanyak 8 desa tersebut meliputi Desa Puntang, Pangkalan, Ranjeng, Krimun, Santing dari Kecamatan Losarang dan Desa Karangsong, Pabean Udik dan Telukagung dari Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu.

Selain 8 desa dari 2 Kecamatan di Kabupaten Indramayu, Pelatihan Teknis Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital Tahun 2022 ini diikuti sejumlah desa se-kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kepala Diskominfo Indramayu Aan Hendrajana melalui Kepala Bidang TIK Anri Heriyanto mengatakan, pihaknya mendukung penuh Pelatihan Teknis Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital yang diinisiasi Diskominfo Provinsi Jawa Barat dan DPMD Provinsi Jawa Barat.

Anri meminta para peserta dari Kabupaten Indramayu dapat mengikuti pelatihan ini sebaik mungkin. Pelatihan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi desa dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kemajuan teknologi guna meminimalisir kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

Kepala Bidang TIK Anri Heriyanto menambahkan, keberadaan 10 Program Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar salah satunya Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) dan Lebu Digital (Ledig) akan semakin menambah aksi pengembangan Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital di Kabupaten Indramayu.

"Pengembangan desa digital akan mendorong kemajuan semua bidang di desa, baik layanan maupun pemanfaatan teknologi yang berkolerasi pada kepentingan masyarakat," katanya.

Meski demikian ungkap Anri, terdapat desa yang sudah menerapkan desa digital dan implementasi Program Ledig, sehingga peserta yang mengikuti Pelatihan Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Desa Digital ini untuk mempersiapkan SDM dalam menambah banyaknya desa di Kabupaten Indramayu menjadi desa digital.(Arrie.TD)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama