KPPBC TMP C Teluk Nibung Gagalkan Penyelundupan Ballpres Bernilai Ratusan Juta Rupiah.

MenaraToday.Com - Tanjungbalai 

KPPBC TMP C Teluk Nibung berhasil menggagalkan  Penyelundupan Ballpres (pakaian bekas) dari luar negeri bernilai lebih kurang Rpm 700 juta rupiah, Selasa (25/10/2022) kemarin.

Kepala Bea Cukai Teluk Nibung, Tutut Basuki melalui Kasi P2, Musliadi kepada awak media, Kamis (27/10/2022) menjelaskan penangkapan Ballpress ini berawal saat unit 2 Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Madya Pabean C Teluk Nibung mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada pengangkutan peredaran barang yang diduga barang larangan impor berupa Ballpres (Pakaian Bekas).

" Menindaklanjuti laporan tersebut Tim Satgas yang kira bentuk berkoordinasi dengan Timsus Denintel Kodam I Bukit Barisan langsung bergerak dan mengamankan 1 unit truck Fuso berisikan 142 Ballpres beserta dua orang pelaku berinsial ESs (Supir) dan JFG (Kenek) truck yang kemudian di bawa ke KPPBC TMP C Teluk Nibung untuk  pemeriksaan lebih lanjut" ujarnya.

Masliadi juga menambahkan dalam periode tahun 2022, Bea Cukai Teluk Nibung telah melakukan 13 kali penindakan Ballpres baik pakaian bekas maupun sepatu bekas dengan toral berjumlah Rp. 8,7 Milyar. Dimana seluruh barang tersebut diamankan di Tempat Penimbunan Pabean (TPPP) di bawah pengawasan Bea Cukai Teluk Nibung. 

"Seluruh barang bukti yang kita amankan telah sesuai dengan UU Nomor 17 tahun 2006 Tentang Kepabenan dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang yang Dilarang Ekspor dan Barang yang Dilarang Impor" paparnya seraya menyebutkan penindakan tersebut merupakan komitmen  KPPBC TMP C Teluk Nibung pada masyarakat sebagai Community Protector untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang-barang yang dilarang maupun dibatasi yang dapat mengakibatkan gangguan terhadap perekonomian, kesehatan dan keamanan. 

“Di masa pemulihan ekonomi saat ini, kami terus berkomitmen untuk melakukan pengawasan dan penertiban baik terhadap pelanggaran kepabeanan maupun cukai serta terus berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Keberhasilan penindakan ini sudah tentu terwujud dari sinergi yang telah berjalan baik selama ini dengan aparat penegak hukum lainnya juga dukungan dari seluruh lapisan masyarakat”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelaku pelanggaran kepabeanan dan cukai, serta memperkuat sinergi dengan instansi-instansi terkait demi melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal. Bea Cukai Teluk Nibung juga mengharapkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat untuk bersama-sama aktif mencegah dan memberantas peredaran barang ilegal dan berbahaya demi terwujudnya pemulihan ekonomi nasional." Ujarnya mengakhiri (FM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama