Layanan Perpustakaan Keliling DPA Indramayu Diserbu Pembaca

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Layanan Perpustakaan Keliling yang digagas Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu hadir pada Pembukaan Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2022, di Desa Tempel, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Rabu (5/10/2022).

Kehadiran layanan Perpustakaan Keliling pada pembukaan program TNI BSMSS Tahun 2022 ini langsung diserbu pembaca seperti anak-anak dan orang tua serta guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cempaka Desa Tempel, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.

Sejumlah anak-anak PAUD yang sudah bisa membaca sangat antusias memilah buku bacaan dengan didampingi orang tuanya. Tidak sedikit pula para guru PAUD  Desa Tempel membacakan buku kepada anak-anak.

Dikatakan Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan, keberadaan layanan perpustakaan keliling menjadi komitmen untuk mendekatkan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat desa termasuk di wilayah yang terpencil atau jauh dari pusat perkotaan.

Termasuk keberadaan perpustakaan belum sepenuhnya tersedia di desa-desa di Kabupaten Indramayu sehingga layanan perpustakaan keliling sudah sepatutnya menyasar dan memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan bahan bacaan.

"Pertama layanan perpustakaan kita belum terbentuk di desa-desa, sehingga untuk desa-desa, untuk sekolah-sekolah dan wilayah lainnya yang terpencil dan jauh itu perlu memperoleh perpustakaan keliling," katanya.

Dengan demikian ujar Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan, tidak hanya pada pembukaan kegiatan BSMSS layanan perpustakaan keliling bisa hadir dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, akan tetapi sejumlah desa dapat terdorong untuk memfasilitasi adanya perpustakaan desa.

“Oleh karen itu tidak hanya perpustakaan keliling di BSMSS saja tetapi kita akan lakukan seminggu 2 kali. termasuk untuk merangsang bagaimana di desa ada perpustakaan, lalu kemudian di posyandu itu ada sudut baca. Itu arah kita ke depan. Harus memang,” ungkapnya.

Selain itu dengan adanya layanan perpustakaan keliling dapat merangsang masyarakat untuk berminat membaca dan meningkatkan indeks literasi masyarakat melalui program yang digagas DPA Kabupaten Indramayu.

“Saya berharap indeks literasi masyarakat kita naik, orang ada muncul minat untuk membaca, minimal anak-anak kecil kita ini menumbuhkan minat baca untuk kemudian ada gemar membaca dan budaya membaca,” harapannya.  (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama