Nuswantaramuda Youth Leadership Camp Cetak Pemimpin Muda yang Siap Menjaga Keutuhan Bangsa

MenaraToday.Com - Indramayu :

Nuswantara Muda dan Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nuswantara menggelar kegiatan youth leadership camp yang merupakan event tahunan sebagai upaya untuk mencetak para pemimpin muda yang siap menjaga keutuhan bangsa melalui pelestarian nilai nuswantara.

Nuswantara youth leadership camp yang dilaksanakan selama 4 hari dari 25 hingga 28 Oktober ini selain untuk meningkatkan kapasitas pemuda dan pelestarian serta pengembangan nilai-nilai kenuswantaraan juga dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Sebanyak 50 orang peserta mengikuti kegiatan nuswantara youth leadership camp yang dibuka secara langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Erni Sumarni di Bumi Perkemahan Situ Bolang, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Selasa (25/10/2022).

Turut hadir Kepala Badan Pelestari Nilai Budaya Jawa Barat, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Jumhari, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Indramayu Ruyanto, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Indramayu Muhammad Ali Akbar, Forkopimcam Cikedung, serta Ketua FUN Indramayu Haerudin.

Dalam sambutannya Anggota DPD RI Erni Sumarni menyampaikan, Indramayu memiliki berbagai potensi yang dapat diangkat serta dipublikasikan baik itu secara nasional maupun internasional.

“Berbagai potensi dimiliki Indramayu, namun untuk mengangkat potensi tersebut kita kita harus memahami terkait dengan produk unggulan. Oleh karena itu komunikasi antar sektor diperlukan agar produk unggulan tersebut bisa kita publikasikan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan UMKM yang selama ini terkena dampak dari pandemi dapat bangkit dan pulih kembali sehingga hal tersebut dapat berdampak pula pada meningkatnya perekonomian di Indonesia.

“Semoga dengan kegiatan ini UMKM yang kemarin sempat terpuruk akibat dampak Covid-19 bisa kembali beraktivitas seperti sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan dr. Ahmad Nurhadi dalam sambutannya mengatakan, Nuswantara Muda dan Forum UMKM Nuswantara merupakan 2 Gerakan yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan nilai-nilai kenuswantaraan, satu melalui kepemudaan, satunya lagi melalui jaringan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Gerakan tersebut telah sukses menggelar kegiatan dalam membangun SDM yang unggul dalam bidangnya masing-masing, serta berkontribusi kepada lingkungan masyarakat melalui beragam kegiatan yang sifatnya insidental maupun rutin.

“Secara rutin, FUN Kota Bandung misalnya, terus melaksanakan kegiatan bakti sosial terapi kesehatan gratis setiap hari rabu, memberikan kelas terapi gratis setiap hari sabtu, serta membuka kelas-kelas pengembangan UMKM di hari-hari lainnya. Kegiatan rutin ini tentunya menjadi contoh yang diikuti oleh FUN di kota kabupaten lainnya, termasuk yang kami harapkan, dapat kami laksanakan juga di Kab. Indramayu,” katanya.

Nurhadi menjelaskan, kegiatan insidentil FUN dan Nuswantaramuda, biasanya berbentuk FUN Festival dan Nuswantara Muda Youth Leadership Camp, yang bertujuan untuk memberikan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitar, menggandeng hexahelix Akademisi, Bisnis, Civil Society, Government, Media & Militer.

“Pada youth leadership camp di Kabupaten Indramayu ini kami akan menggelar beberapa kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan untuk pemuda, terapi kesehatan gratis, pelatihan terapi untuk pemuda yang belum memiliki penghasilan, serta klinik UMKM,” jelasnya. 

Camat Cikedung yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Cikedung Sukanto mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan nuswantara youth leadership camp dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk perkembangan UMKM di Kabupaten Indramayu khususnya di Kecamatan Cikedung serta dapat lebih mempererat persatuan di kalangan pemuda sehingga dapat lebih bersatu yang pada akhirnya dapat meminimalisir terjadinya konflik.

“Semoga UMKM dapat bangkit lagi dan perekonomian dapat meningkat sehingga kesejahteraan rakyat pun ikut meningkat. Karena kesejahteraan dan kemakmuran merupakan faktor untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat,” harapnya. (Rakiyah/Lilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama