Pastikan Tidak Ada Obat Berbahaya Beredar Di Cantigi, Camat Winaryo Lakukan Monitoring

MenaraToday.Com - Indramayu :

Guna memastikan tidak adanya obat syrup berbahaya beredar di wilayah kerjanya, Camat Cantigi Winaryo lakukan monitoring ke sejumlah apotek dan toko obat.

Didampingi Sekretaris Kecamatan Cantigi dan Kepala UPTD Puskesmas Cantigi, Camat Winaryo melakukan monitoring pada Senin (24/10/2022).

Camat Winaryo menyampaikan, gerak cepat Pemerintah Kecamatan Cantigi dalam memantau peredaran obat berbahaya ini merupakan tindak lanjut instruksi Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar. 

“Bupati Nina Agustina telah menginstruksikan kepada seluruh camat dan kepala puskesmas di wilayah Kabupaten Indramayu untuk secara serentak melakukan monitoring dan memantau peredaran obat syrup yang diduga menjadi penyebab kelainan ginjal akut pada anak,” paparnya.

Lebih lanjut Winaryo mengatakan kepedulian Bupati Nina Agustina memang begitu besar terhadap keselamatan warganya. Terbukti setelah adanya surat edaran Kemenkes RI No. SR. 0105/III/3461/2022 Poin 7 dan 8 terkait larangan peredaran dan penggunaan obat dari jenis sirup untuk sementara sampai adanya pengumuman resmi dari pemerintah, Bupati Nina Agustina langsung mengeluarkan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk segera bertindak.

Terpantau Camat Winarto melakukan monitoring ke sejumlah apotek, toko obat berizin, dan juga mini market yang menjual obat. Winaryo meminta kepada seluruh apotek, toko obat dan mini market agar tidak memajang serta memperjualbelikan obat syrup sampai ada pengumuman resmi dari pemerintah.

Winaryo berharap dengan tidak memperjualbelikan obat syrup yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) di wilayahnya akan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Selanjutnya diharapkan masyarakat dapat lebih menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin.

“Semoga masyarakat dapat terjamin kesehatan dan keselamatannya sehingga dapat turut serta dalam proses pembangunan menuju Indramayu Bermartabat,” pungkasnya. (Rakiyah/Lilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama