Pemdes Majakerta Gelar Sedekah Bumi, Seni Sandiwara Hibur Masyarakat

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Pemerintah Desa Majakerta Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan Sedekah Bumi, 

Masyarakat Desa Majakerta berbondong-bondong membawa nasi tumpeng komplit dengan lauk pauknya yang kemudian dikumpulkan di halaman Kantor Desa. Hal itu sebagai bentuk wujud rasa syukur terhadap hasil bumi yang melimpah.

Selain itu, Pemdes Majakerta juga rutin memberikan santunan kepada Dhuafa dan Anak Yatim Piatu yang berada di Desa. Sebanyak 72 orang menerima santunan, 44 anak yatim piatu dan 28 kaum dhuafa.

Sebelum rangkaian acara dimulai, pemdes dan masyarakat melakukan doa bersama secara rutin di setiap peringatan sedekah bumi yang diselenggarakan di Kantor Desa.

Dengan mengusung tema "Raksaen Bumine, Raksaen Jiwa Ragane" yang artinya menjaga buminya dan menjaga jiwa raganya. Hal itu diambil untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga bumi dan alam semesta ini.

Kuwu Desa Majakerta Renda mengatakan, momentum sedekah bumi adalah momentum yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Karena ada hiburan seni yang pentas untuk menghibur masyarakat.

Pihaknya juga selama menjabat menjadi Kepala Desa bersyukur bisa ikut serta membantu masyarakat yang membutuhkan dengan memberikan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim.

"Alhamdulillah sekarang pada tahun 2022 kami bisa saling membantu terhadap sesama. Bisa menyantuni anak yatim dan dhuafa," katanya.

Renda mengharapkan, dengan santunan tersebut bisa meringankan beban mereka. Dimana anak yatim dan dhuafa ini menjadi perhatian khusus yang diperhatikan dengan baik.

"Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi mereka. Karena mereka sangat membutuhkan uluran tangan," kata dia.

Hal senada dikatakan, Sekretaris Desa Majakerta, Jamroni. Ia juga mendukung penuh semua gagasan dari kepala desa dalam membangun Desa.

Dia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong dalam membangun Desa. Sehingga Desa Majakerta bisa menjadi Desa yang lebih maju sehingga bisa mewujudkan desa yang sejahtera.

"Mari bersama-sama membangun Desa Majakerta, kalau bukan kita mau siapa lagi. Semoga di momentum ini masyarakat bisa lebih keras lagi dalam bergotong royong untuk mewujudkan Desa Majakerta yang lebih maju dan unggul," tandas Jamroni.

Sementara itu, dalam suguhan sedekah bumi ini Pemerintah Desa Majakerta mendatangkan seni Sandiwara Darma Saputra dari Desa Plumbon Indramayu untuk menghibur masyarakat. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama