Pemkab Indramayu Dukung Festival UMKM Di Eretan Kulon

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Pemerintah Kabupaten Indramayu mengapresiasi kontribusi mahasiswa dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Indramayu dengan berbagai kegiatan seperti halnya Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Suwenda mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar dalam pembukaan Festival UMKM yang diinisiasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 11 Vokasi Universitas Indonesia (UI) di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Sabtu (8/10/2022).

Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Suwenda mengatakan, peran mahasiwa sudah yang berdampak positif dalam pembadayaan masyarakat sudah sepatutnya hadir untuk progress pembangunan daerah, Festival UMKM di Desa Eretan menjadi salah satu cara perekonomian di Indramayu terus dikembangkan melalui kolaborasi berbagai pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas diadakannya festival UMKM di Eretan Kulon. Kegiatan seperti ini memberikan banyak hal positif bagi perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku UMKM,” katanya.

Menurut Suwenda, potensi ekonomi di Kabupaten Indramayu tentunya sangat besar dan bisa dikembangkan. Apalagi terdapat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Indramayu sangat mumpuni, yaitu dalam hal sumber daya alam yang bisa dibilang sangat melimpah.

“Mulai dari pertanian, minyak dan gas, perikanan hingga pariwisata semuanya bisa menjadi

modal yang berharga. jadi yang menjadi fokusnya adalah apakah kita bisa memanfaatkan itu semua demi meningkatkan ekonomi masyarakat? ya, saya yakin bisa,” tambahnya.

Termasuk melalui UMKM ini memiliki peranan diberbagai lini untuk kemajuan perekonomian seperti UMKM mengembangkan usahanya dengan mampu menyerap paling banyak tenaga kerja, UMKM tahan banting walaupun pada masa pandemi Covid-19 yakni sebagian besar UMKM usahanya tetap buka,  dan dioperasionalkan, serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Kabupaten Indramayu.

“UMKM juga dapat meningkatkan taraf ekonomi kerakyatan karena UMKM mampu menjangkau daerah pelosok. Selain itu masyarakat berpenghasilan rendah dapat menjalankan perekonomian produktif dengan bantuan permodalan melalui lembaga perbankan,” pintanya.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Indramayu menaruh perhatian lebih terhadap UMKM, program-program pelatihan terus dilakukan dan pengoptimalan kualitas SDM perlu untuk senantiasa ditingkatkan. 

Selain itu pemerintah daerah juga telah menginisiasi program kredit usaha warung kecil yang merupakan salah satu dari 10 Program Unggulan Bupati Indramayu. Dengan berbagai upaya ini Suwenda berharap, melalui kolaborasi dan peran serta berbagai pihak UMKM di Kabupaten Indramayu dapat terus berkembang, maju dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam proses menuju UMKM yang maju, tentunya Pemerintah Kabupaten Indramayu tidak dapat berjalan sendirian, melainkan butuh kolaborasi, sinergi dan peran dari seluruh elemen. Dalam hal ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BEM Vokasi UI yang memberikan perhatian terhadap UMKM dengan gelaran festival pada hari ini,” harapannya. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama