Bersama Pemkab Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb Sosialisasikan Tapal Batas Kawasan Hutan.

MenaraToday.Com - Toba. :

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama Unsur Pimpinan Forkopimda lainnya, mendampingi Bupati Toba Poltak Sitorus saat menyambangi warga Dusun Tungkonisolu Desa Parsoburan Barat, untuk berdiskusi serta melakukan sosialisasi terkait  penyelesaian konflik tapal batas lahan kawasan kehutanan di daerah itu. 

Sosialisasi dilaksanakan di Kantor Desa Parsoburan Barat Kecamatan Habinsaran Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/11/22). 

Dalam kesempatan itu, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Unsur Forkopimda dan Pemkab Toba atas respon dan atensinya dalam menindaklanjuti rapat Forkopimsa sebelumnya, sehingga sosialisasi dapat berkelanjutan. 

Menurut Kapolres, edukasi sangat penting dilakukan kepada warga yang masih minim mengerti dengan aturan dan peraturan terkait kawasan hutan. Sebab setiap permasalahan, tidak serta merta diselesaikan dengan proses hukum. 

"Mari kita lakukan edukasi secara berkelanjutan bagi masyarakat disini. Sehingga setiap potensi konflik di lahan konsesi disini dapat teratasi sejak dini tanpa berproses hukum", sebut Kapolres. 

Dalam diskusi yang bertempat Kantor Desa Parsoburan Barat Kecamatan Habinsaran tersebut, tampak hadir Bupati Toba Poltak Sitorus dan unsur Forkopimda diantaranya Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf. Kaminton Napitupulu, perwakilan Kejaksaan Negeri Balige dan sejumlah Pejabat Pemkab Toba. Juga dihadiri unsur Pemerintahan Kecamatan Habinsaran dan Pemerintahan Desa Parsoburan Barat. Selain itu juga turut hadir Kepala UPT KPH IV Leo Sitorus dan perwakilan Manajemen PT. TPL. 

"Kehadiran kita disini untuk mencari solusi penyelesaian konflik terkait tapal batas kawasan hutan yang selama ini belum ter inventarisasi dengan baik dan untuk mencapai hal itu, kita harus duduk bersama". kata Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya.

Pemerintah hadir untuk melindungi dan memberikan keadilan bagi warga disini. 

"Kami berharap agar masyarakat disini juga dapat memberikan atensi bagaimana secepatnya pengukuran tapal batas dapat berjalan dengan lancar, Sehingga potensi-potensi konflik dapat teratasi dengan baik. Kami mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda dan semua pihak atas terselenggaranya sosialisasi ini. Kiranya seluruh tahapan pengukuran tapal batas kawasan kehutanan nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar", ujar Poltak. 

Sebelumnya, Kepala UPT  KPH IV Leo Sitorus mengungkapkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pengukuran ulang tapal batas kawasan hutan didaerah itu.  Hal itu dilakukan agar seluruh lahan kawasan hutan dan lahan konsesi serta lahan masyarakat dapat ter inventarisasi secara faktual. Sehingga potensi konflik saling klaim terhadap keberadaan lahan tidak akan pernah terjadi lagi sebutnya. (JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama