AKBP Roman Smaradhana : " Orang Tua Berperan Penting Dalam Pencegahan Aksi Kenakalan Remaja"

Keterangan Gambar : Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj (Foto : Rls)


MenaraToday.Com - Asahan :

Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj meminta kepada orang tua agar dapat berperan aktif dalam mengatasi masalah kenakalan remaja seperti aksi tawuran antar pelajar dan kenakalan remaja lainnya.

Hal ini diungkapkan AKBP Roman Smaradhana kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (1/12/2022) pagi.

"Dalam mengantisipasi aksi kenakalan remaja diharapkan orang tua dapat berperan aktif dengan memberikan perhatian kepada anaknya yang beranjak dewasa. Sebab dimasa remaja ini anak sedang mencari jati dirinya. Maka untuk itu perhatian dan kasih sayang harus diberikan kepada anak. Awasi anak-anak saat keluar rumah dan berikan teguran saat anak pulang hingga larut malam" ujarnya.

Mantan Kapolres Tapsel ini juga mengimbau agar  orang tua dapat mengawasi aktivitas anak dan memantau pergaulan sang anak. 

"Dalam mengatasi aksi tawuran pelajar serta aksi kejahatan jalanan yang melibatkan remaja dapat diatasi dengan cara orang tua aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk bersama-sama mengatasi masalah yang saat ini menjadi perhatian. Kalau dari pihak Kepolisian sendiri, kita rutin melakukan patroli dimalam hari dengan mendatangi lokasi-lokasi yang kita anggap sebagai berkumpulnya remaja yang berpotensi terjadinya tawuran dan kenakalan remaja lainnya yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat. Selain itu kita juga melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan orang tua siswa sehingga kegiatan remaja-remaja khususnya usia sekolah dapat terkontrol di luar jam sekolah, sebab tidak hanya sekolah saja yang berperan dalam hal ini, tapi orang tua dan masyarakat juga harus ikut berperan aktif" paparnya. 

Orang nomor satu di jajaran Polres Asahan ini juga menyampaikan bahwa dalam pencegahan terjadinya aksi tawuran antar remaja ini dapat dikoordinir dengan adanya partisipasi orang tua dengan memberikan nasehat kepada anaknya agar tidak melakukan hal-hal yang mengarah ketindakan kriminalitas.

“Lingkungan dan masyarakat juga memberi andil dalam membina anak sekolah, kalau pun di luar sana terjadi aksi tawuran pelajar, alangkah eloknya kalau warga turut melerai hingga tidak terjadi tawuran semakin membesar, peranan pemerintah daerah sangatlah penting, kita harapkan selalu turun memantau atau patroli di lokasi atau titik kumpul siswa,” ujar Perwira Menengah berpangkat dua melati di pundak ini.

Dirinya berharap, pelajar  yang terlibat tawuran sadar dari tindakan yang meresahkan masyarakat itu, dan berubah dengan kegiatan positif yang dapat mengasah kecerdasan, bahkan kepemimpinan, karena pelajar adalah generasi muda yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara.

Pihaknya juga bermohon kepada orang tua agar kejadian yang pernah terjadi menjadi perhatian bersama, dan bersama melakukan pencegahan. Dia juga tidak menyalahkan siapa-siapa, tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama. (Nn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama