Antisipasi Banjir, Polisi Bersama Pemdes Bulak dan Warga Bersihkan Tanaman Eceng Gondok


MenaraToday.Com - Indramayu :

Personel Polres Indramayu jajaran Polda Jabar bersama Pemdes dan warga menggelar Bakti sosial bersih-bersih eceng gondok, di Desa Bulak, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

"Aksi bersih-bersih enceng gondok ini untuk menekan populasi tanaman tersebut karena sudah dalam kondisi yang memprihatinkan," tutur Kapolres Indramayu, AKBP M. Lukman Syarif melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Didi Wahyudi, Minggu (18/12/22) pagi.

Iptu Didi Wahyudi menyebut, dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas dan Pemdes serta warga memunguti tanaman hama yang berada di aliran‎ saluran irigasi di sepanjang Blok Kaligawe Desa Bulak.

Dikatakannya, sepanjang aliran sungai tersebut sebagian permukaan airnya sudah tertutupi eceng gondok. Terlebih, di musim hujan seperti sekarang ini, eceng gondok tumbuh semakin subur.

"Kondisi yang demikian tersebut bisa menghambat aliran air sehingga mengakibatkan banjir, kelancaran air di saluran irigasi tersumbat. Selain itu, tanaman tersebut yang sangat cepat maka perlu diberantas dengan cepat pula," kata Iptu Didi Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Desa Bulak, H. Sahudi, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pihak Kepolisian Resor Indramayu jajaran Polda Jabar yang mau terjun langsung bersama warga untuk membersihkan enceng gondok ini.

“Alhamdulillah semuanya bekerjasama secara sukarela. Semoga aksi seperti ini akan ada lagi atau bisa dijadwalkan secara rutin seminggu sekali atau lebih hingga eceng gondok ini bisa teratasi,” pungkasnya. (MT Johil)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama