Bacakan Sambutan Hari Ibu ke-94 Menteri PPPA-RI, Bupati indramayu: "Peran Perempuan Ikut Memerangi Wabah Covid-19"

MenaraToday.Com- Indramayu :

Bupati Indramayu Nina Agustina menghadiri Puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022, di Gedung Pertemuan Patra Ayu Komplek Perumahan Bumi Patra Indramayu, Rabu (28/12/2022). Kemarin.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Bintang Puspayoga dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, peringatan Hari Ibu yang selalu saya peringati merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Bintang Puspayoga menambahkan, setelah kongres perempuan pertama di Tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia hingga saat ini telah berperan terhadap pembangunan di Indonesia. 

Diterangkannya, dari perspektif kesetaraan gender pun perbedaan perempuan dan laki-laki di Indonesia bisa dianggap umum serta terlihat tidak terlalu tampak pembedaan yang sangat ekstrim. Meskipun masih ditemui issue gender di berbagai bidang pembangunan.

Salah satunya, pandemi Covid-19 yang telah dilalui memperlihatkan bahwa perempuan memiliki beban yang sangat berat. Seperti hasil survei yang dilakukan UN Women bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen Jakarta dan Indosat Ooredoo bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah ketahanan ekonomi perempuan dan ke tidak kesetaraan gender serta dapat mengancam upaya tujuan pembangunan berkelanjutan.

Namun disamping itu perempuanlah yang mengambil peran pertama bergerak bencana Covid-19 sebagai penggerak sosial dengan membuat gerakan gotong royong membangun kesadaran bersama untuk penyediaan makanan, alat pelindung diri.

Seperti perempuan bergerak mengatasi kondisi ekonomi diantaranya dengan memproduksi kebutuhan yang mengikat pada saat pandemi seperti masker, disinfektan dan alat pelindung diri dengan melibatkan banyak orang.

"Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi wabah Covid-19 dengan melaksanakan berbagai perannya seperti tenaga kesehatan, ilmuan maupun peneliti yang dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yakni untuk keluarga," ujarnya.

Melalui peringatan Hari Ibu ke-94 diharapkan seluruh pemangku kepentingan turut mendukung pelaksanaan 5 arahan Presiden Republik Indonesia kepada Kementerian PPPA-RI.

Diantaranya Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan Berspektif Gender, Peningkatan Peran Ibu atau Keluarga Dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Penurunan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Penurunan Pekerja Anak dan Pencegahan Perkawinan Anak.

Dalam peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 ini, Bintang Puspayoga berharap bahwa perempuan berdaya Indonesia maju dan generasi masa kini dalam aktivitasnya tidak melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia dimasa yang lain khususnya perempuan generasi milenial.

"Ayo... masa kini adalah milik kalian, mari warnai peringatan Hari Ibu dengan peran dan karya nyata bagi Indonesia tercinta. Peringatan Hari Ibu adalah milik kita semua sebagai anak, sebagai istri, sebagai ibu maupun sebagai teman perjuangan yang tidak pernah lelah menjadi arti dimana pun berada," ujarnya.

Puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022 dihadiri Forkopimda Indramayu, Sekda Indramayu, DWP Indramayu, PKK Kabupaten Indramayu, 27 Kepala Desa Perempuan se-Kabupaten Indramayu, Para Istri anggota DPRD Indramayu, dan organisasi perempuan lainnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama