Di Sergai Sumut, Nilai CAT Nol Lulus Jadi Anggota PPK

Kolase foto : Kantor KPU Sergai, kertas pengumuman nilai OEA, Nol namun lulus PPK.(Irlan/Putra Pane)

Menaratoday.com-Serdang Bedagai : 

Meski hasil ujian sistim Computer Assisted Test (CAT)  salah seorang calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, OEA  nilainya nol namun akhirnya dirinya terpilih menjadi salah satu dari 5 anggota PPK terpilih di Kec.Bintang Bayu diposisi rangking 2.

Terpilihnya OEA berdasarkan pengumuman pihak KPUD Sergai nomor: 282/PP 04.03-Pu/1218/2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Panitia Pemiliham Kecamatan Untuk Pemilihan Umum 2024.

Menurut sumber salah seorang peserta  ujian CAT, Kamis (22/12) kepada waspada.id  menuturkan sebelum ujian berlangsung dilaksanakan simulasi guna memastikan perangkat komputer tidak bermasalah.

Saat itu menurutnya, OEA sempat mengikuti ujian CAT seleksi PPK yang digelar KPUD Sergai berlangsung, Selasa (06/12/2022) di gedung SMKN 1 Dolok Masihul persisnya di ruang 2, OEA terlihat sempat mengikuti ujian CAT, namun terlebih dahulu meninggalkan ruangan.

Setelah ujian CAT selesai  nilai hasil ujian langsung keluar dan hasil ujian CAT yang sempat ditempelkan diruangan 2 nilai OEA adalah nol,  sehingga peserta seleksi lainnya bertanya-tanya setelah pengumuman OEA ternyata lulus seleksi PPK diposisi rangking 2. 

Komisioner KPU Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Divisi SDM dan Parmas Ardiansyah Hasibuan yang dikonfirmasi waspada.id melalui layanan WhatsApp terkait hal tersebut menuturkan  pada saat ujian CAT komputernya bermasalah saat dia mulai klik  langsung muncul layar selesai. 

Menurut operator imbuh Ardiansyah, memang komputernya yang bermasalah, sehingga diputuskan untuk pindah komputer diruangan 3.

"Jadi yang bersangkutan nilainya bukan 0 tetapi 59, bahwa yang bermasalah adalah perangkat komputer, karena yang bermasalah perangkat (bukan manusianya) sehingga kami memberi kesempatan untuk ikut ujian dengan pindah komputer," terang Ardiansyah.

Hasil penelusuran Waspada, kejadian serupa juga ternyata terjadi kepada salah seorang peserta seleksi PPK dari Kec.Teluk Mengkudu berinisial SES.

Menurut salah seorang peserta seleksi PPK Teluk Mengkudu yang dihubungi waspada.id menyatakan sebelum ujian CAT sempat simulasi dan dirinya melihat  SES sempat mengikuti ujian CAT di ruang 2, namun saat pengumuman hasil CAT yang ditempelkan di ruangan nama SES tidak ada, namun ada  sehingga dia heran saat pengumuman kelulusan anggota PPK Teluk Mengkudu SES lulus menempati rangking (pososi) 1.

Demikian SES,  Ardiansyah Hasibuan juga memberikan keterangan yang sama " Untuk SES nilainya diruang 3 silahkan di cross check," paparnya. (Irlan/Putra pane)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama