Gubernur Sumut Hadiri Pelantikan DPW Dan DPD APKASINDO

MenaraToday.Com - Medan : 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi hadiri  pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perjuangan serta DPD Apkasindo perjuangan di Aula Tengku Rizal Nurdin kota Medan Rabu (30/11/2022

Pelaksanaan pelantikan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan diikuti oleh petani sawit sekitar 119 orang dari 11 Dpd Kabupaten yang ada di Sumatera Utara 

Ketua Umum Apkasindo Perjuangan Alpian Arahman mengatakan pihaknya melantik DPW dan DPD untuk  mempercepat realisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Sarana dan Prasarana (Sarpras) serta pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia berkelanjutan.

Ia menerangkan Apkasindo Perjuangan sudah terbentuk di 22 Provinsi serta 117 kabupaten yang memiliki tanaman sawit.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada pengurus DPW dan DPD se-Sumut yang baru saja dilantik. Semoga amanah yang diberikan untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam membantu para petani kita yang ada di tingkat pedesaan yang membutuhkan pendampingan tentang bagaimana tata cara mendapatkan dana hibah 30 juta/ ha dari BPDPKS dalam bentuk program Perkebunan Sawit Rakyat (PSR), Sarpras dan SDM" ujar Alpian.

Dikatakannya, sektor perkebunan berperan strategis dalam pemecahan agenda besar pembangunan ekonomi nasional seperti membuka kesempatan kerja, penanggulangan kemiskinan, pembangunan daerah, peningkatan ekspor dan daya dorong tumbuhnya kegiatan ekonomi lokal pada sektor terkait.

Alpian melanjutkan, pemerintah Provinsi Sumut ditargetkan pemerintah pusat pada Tahun 2022 sebesar 10.500 Ha dan sampai saat ini realisasi PSR masih 0 persen untuk Sarpras dan SDM.

Dikatakannya lagi,  perlu disampaikan bahwa ekspor CPO dengan kategori non migas menyumbang devisa negara pada tahun 2021 kurang lebih Rp 451 Triliun.

“Dan itu menjadi sumbangan terbesar untuk devisa negara yang ikut terlibat bersamaan langsung di sektor perkebunan kelapa sawit kurang lebih 5 juta petani sawit. Serta tenaga kerja yang terlibat di dalam sektor sawit ada 17 juta orang,” paparnya.

Sementara itu pada kesempatannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta kepada Apkasindo Perjuangan untuk bisa mendata berapa kebun kelapa sawit yang sebenarnya  dimiliki warga. 

“Saya minta tolong sama kalian. Karena data yang diterima tidak sebanding dengan data yang ada,” katanya seraya menyatakan dirinya juga harus menambah pendapatan daerah Sumut.

penyampaian  Gubernur spontan mendapat tepuk tangan dari para pengurus Apkasindo Perjuangan Sumut. Sebelum mengakhiri pidatonya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik.

"Jangan sesudah di lantik semua hanya tidur" .candanya (Ngatimin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama