Pemkab Indramayu Hadiri Peresmian Aplikasi Jabar Super Apps

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu Woni Dwinanto bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana menghadiri peresmian Aplikasi Jabar Super Apps.

Peresmian Aplikasi Jabar Super Apps secara resmi diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Ketua PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil beserta peserta lainnya perwakilan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (18/12/2022).

Dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, guna mempermudah layanan publik kepada masyarakat khususnya warga Jabar, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar meluncurkan Aplikasi Jabar Super Apps.

"Aplikasi Jabar Super Apps ini untuk mempermudah layanan publik, kemudian selain untuk mengakses layanan dalam satu pintu adanya aplikasi ini untuk mendorong perkembangan transformasi digital," katanya kepada awak media.

Dijelaskan Kang Emil sapaan akrabnya, Jabar Super Apps didesain menjadi suatu aplikasi yang mengintegrasi data layanan publik di Jabar, sekaligus menyajikan semua layanan kebutuhan warga, mulai dari layanan transaksional, informatif, dan interaktif secara lebih sederhana dalam satu aplikasi.

”Ini aplikasi super terpadu yang dapat memberikan layanan administrasi secara online,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini yang bergabung memberikan pelayanan di aplikasi ini baru perpajakan. Namun berselang lama akan muncul semua aplikasi yang ada akan berkumpul menjadi satu untuk memberikan kemudahan dan kebermanfaatan kepada warga Jabar.

Kang Emil menambahkan, adanya aplikasi terpadu itu sebagai respon publik juga selaras dengan pernyataan Menteri Keuangan yang sempat melontarkan kritikan bahwa di Indonesia terlalu banyak aplikasi dalam pelayanannya khususnya di daerah.

”Jadi Super Apps itu kaya omnibuslaw. Mengkonsolidasi, ratusan, ribuan daerah yang bikin yang beda-beda datanya itu dikumpulin satu saja. Asal disiplin semuanya," tambahnya.

Sehingga kata Kang Emil, semua itu dalam rangka menjadikan wilayah yang dipimpinnya sebagai provinsi digital yang mengakselerasi pelayanan serba digital berfokus pada satu genggaman.

Bahkan terang Kang Emil, Aplikasi ini menyediakan seluruh layanan masyarakat seperti perpajakan, layanan kesehatan, layanan sapa warga, administrasi kependudukan, hingga info lowongan kerja bakal ada disini.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana mengatakan, pihaknya akan mendukung adanya Aplikasi Jabar Super Apps ini kepada masyarakat Kota Mangga, salah satunya terkait layanan perpajakan dan lowongan pekerjaan. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama