Peringati Hari Ibu 2022, Bumil di Kecamatan Kedokanbunder Deklarasikan Siap Sehat

 


MenaraToday.Com - Indramayu

Bertepatan dengan momen Hari Ibu tahun 2022 yang peringati pada 22 Desember ini, para ibu hamil (bumil) di Kecamatan Kedokanbunder siap untuk menjadi 'Ibu Hamil Sehat'. 

Kesiapan itu ditujukan dengan deklarasi yang diikuti oleh ibu hamil di Puskesmas Kedokanbunder, Kamis (22/12/2022).

Camat Kedokanbunder Atang Suwandi menjelaskan, mewujudkan ibu hamil sehat merupakan upaya untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Selain menekan angka kematian, juga merupakan langkah awal untuk menekan stunting yang bisa dicegah sejak awal kehamilan.

"Dengan ibu hamil sehat, merupakan langkah konkret kita untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Sekaligus juga merupakan pencegahan stunting agar tercipta generasi yang sehat dan tangguh," tegas Atang.

Atang menambahkan, deklarasi ibu hamil ini merupakan tindak lanjut dari penyelarasan akselerasi penurunan stunting. Hal ini sebagai komitmen untuk mewujudkan visi Indramayu Bermartabat yang digagas oleh Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kedokanbunder dr. Hj. Sumiyati mengatakan, dalam deklarasi ibu hamil ini setidaknya terdapat 5 komitmen yang harus dilaksanakan oleh ibu hamil agar sehat dan bahagia.

Kelima komitmen tersebut yakni; melaksanakan pemeriksaan kehamilan sedikitnya 6 kali selama kehamilan dan 3 kali diantaranya periksa USG oleh dokter, kemudian meminum tablet tambah darah (TTD) setiap hari, mengikuti kelas ibu hamil, makan makanan sehat rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan, serta melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Kelima komitmen ini merupakan upaya kita agar ibu hamil di Kedokanbunder ini sehat dan bahagia," katanya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama