Peringati Hari Ibu Tahun 2022, Pemcam dan Puskemas Terisi Deklarasikan Bumil Sehat

 

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2022 yang diperingati pada 22 Desember ini, Camat Terisi Endhy Yohendi bersama Kepala dan Jajaran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Terisi menghadiri Deklarasi Ibu Hamil (Bumil) Sehat yang dilangsungkan di Puskesmas Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Kamis (22/12/2022).

Deklarasi Bumil Sehat dalam rangka Hari Ibu tahun 2022 ini diikuti sebanyak  50 ibu hamil dari 9 desa se-Kecamatan Terisi. Para ibu hamil ini mengikuti rangkaian acara salah satunya tentang pengetahuan meningkatnya perawatan kehamilan dan gizi ibu hamil.

Dalam acara deklarasi tersebut, Camat Terisi Endhy Yohendi mengimbau kepada ibu hamil untuk rajin melakukan pemeriksaan  kehamilan secara teratur dan memperhatikan gizi yang dikonsumsi agar ibu dan bayi tetap sehat.

“Ibu hamil agar rajin memeriksakan kehamilan secara teratur di tempat pelayanan kesehatan dan memperhatikan gizi yg dikonsumsi supaya ibu hamil lahir sehat selamat dan bayi juga sehat,” Imbaunya.

Dirinya menambahkan, tujuan Deklarasi Bumil Sehat itu guna menurunkan angka stunting di Kabupaten Indramayu serta menakan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta mendorong peran keluarga, lingkungan kerja dan komunitas dalam pendampingan ibu hamil.

Dijelaskan Camat Terisi Endhy Yohendi, ibu hamil diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh dokter kandungan. Selain itu ibu hamil juga dapat mengikuti kelas hamil minimal 4 kali dengan mengkonsumsi tablet penambah darah setiap hari dan makan sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan, serta melakukan persalinan di fasilitas layanan kesehatan.

Pemcam Terisi juga berharap juga dengan diselenggarakannya acara ini dapat meningkatkan komitmen dan kolaborasi lintas sektor terkait penyelenggaraan bumil sehat dengan menyebarluaskan informasi, edukasi dan penggerak kan melalui media sosial. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama