Polda Jabar Pastikan Gambar Rumah dan Korban Gempa Garut Yang Beredar Adalah Hoax

MenaraToday.Com - Bandung : 

Pasca gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) sore sekitar Pukul 16.49 Wib tersebar sebuah video yang menggambarkan kerusakan sejumlah rumah dan korban luka-luka.

Terkait hal tersebut Polres Garut mengklarifikasi informasi tersebut adalah berita yang  tidak benar atau hoaks. Sebab dari hasil penelusuran, video tersebut sudah disebarkan beberapa waktu ke belakang dan bukan terjadi hari itu

"Setelah diselidiki pengunggah video tersebut adalah pemilik akun TikTok @gr4g33. Dalam postingannya video itu di posting tiga hari yang lalu. Selain video yang diunggah pemilik akun TikTok @gr4g33, ada juga dua video hoaks lainnya tersebar dan mengatakan jika video tersebut adalah dampak dari gempa bumi Garut dan semua foto dan video yang beredar itu adalah hoaks atau tidak benar.

Hal ini juga disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo S.I.K.  M.Si  yang mengimbau kepada masyarakat Jawa Barat agar bijak dalam menggunakan media sosial, apalagi menyikapi informasi bencana yang tersebar di media sosial.

"Hendaknya janganlah menyebarkan hal-hal yang bersifat hoax yang akhirnya meresahkan warga. Maka dari itu tolong bijaklah dalam menggunakan Media Sosial. Sebab kabar Hoax yang anda lakukan dapat merugikan orang dan membuat keresahan" ujarnya (Rls)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama