DPC. PMS Batu Bara Resmi Dilantik

Bupati dan Ketua Pejuang Bravo Lima Dinobatkan Sebagai Penasehat

MenaraToday.Com - Batu Bara :

DPC. Partuha Maujana Simalungun (PMS) akhirnya resmi berdiri dan dilantik di Kabupaten Batu Bara. Pelantikan itu berlangsung di Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batu Bara. Minggu (4/12/2022).

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Ketua Umum DPP. PMS, Marsiaman Saragih, SH, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.Ap, Ketua DPC. Pejuang Bravo Lima Batu Bara Vicktor Oktopianus Saragih, SH, Ketua Kadin Batu Bara, OK. Faizal, dan seluruh pengurus DPC. PMS Batu Bara.

Pada acara itu, Syahrizal Purba resmi dilantik sebagai Ketua DPC. Partuha Maujana Simalungun (PMS) Batu Bara, dan Aliman Saragih sebagai Sekretaris, serta Arianda Damanik sebagai Bendahara.

Di kesempatan itu juga, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.Ap, dan Ketua DPC. Pejuang Bravo Lima Batu Bara, Vicktor Oktopianus Saragih, SH resmi dinobatkan sebagai penasihat dalam pengurusan DPC. Partuha Maujana Simalungun (PMS) Batu Bara.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP. PMS, Marsiaman Saragih, SH mengatakan harapannya agar suku Batak Simalungun dapat solid.

"Kita harus buktikan bahwa Batak Simalungun di Batu Bara juga dapat solid. Saya berharap semoga dengan terlaksananya Patappei Sihilap (pelantikan) ini, sehingga nantinya dapat memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara. Saya juga berpesan kepada Ketua yang baru dilantik agar nantinya dapat bersinergi dengan Pemkab Batu Bara sehingga dapat bersama-sama memajukan Kabupaten yang kita cintai ini," tegasnya.

Demikian pula dengan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap yang mengapresiasi terbentuknya organisasi Batak Simalungun di Batu Bara.

"Tentunya saya sangat mengapresiasi pelantikan Partuha Maujana Simalungun ini. Setahu saya ini merupakan yang pertama sekalinya organisasi etnis Batak Simalungun yang berdiri di Kabupaten kita. Saya harap dengan hadirnya DPC. PMS ini dapat menambah kemajuan terhadap Kabupaten Batu Bara melalui sumbangsih ide-ide dan gagasan yang diberikan," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPC. Pejuang Bravo Lima Batu Bara, Vicktor Oktopianus, SH, dan berharap agar segala kegiatan adat dan tradisi kedaerahan Simalungun untuk lebih digalakkan lagi.

"Partuha Maujana Simalungun (PMS) ini merupakan persatuan bagi marga Saragih, Sinaga, Damanik, dan Purba. Melalui kegiatan ini saya mengajak kepada saudara-saudara saya yang bermarga tersebut dapat bergabung dengan kami. Selain itu saya juga ingin menambahkan bahwa tradisi dan adat merupakan warisan budaya dari para leluhur yang harus dijaga kelestariannya, agar generasi bangsa mengetahui budaya yang mereka miliki. Maka dari itu kita harus galakkan tradisi-tradisi kedaerahan yang positif. Diantaranya, perayaan Marsombuh Sihol yaitu malam hiburan seni untuk melepas rindu yang kerap dilakukan oleh perantau Simalungun. Kegiatan seperti ini harus tetap dijaga dan dilestarikan. Karena kegiatan ini merupakan silaturahmi yang banyak manfaatnya, yakni dari rezeki yang bertambah, tubuh yang sehat dan juga memperpanjang umur," ujarnya.

Pantauan Wartawan, usai dibukanya kegiatan itu, Marsiaman Saragih bersama Bupati Batu Bara dan pengurus DPC. PMS Batu Bara lainnya menyempatkan manortor bersama dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. (DWI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama