PT. Inalum (Persero) Hibahkan Bantuan PLTS Rooftop ke Desa Meranti Timur, Toba

Keterangan Foto:Inalum salurkan bantuan hibah PLTS kepada warga Desa Meranti Timur di Toba (JT)

MenaraToday.Com - Toba : 

PT Inalum (Persero) memberikan hibah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada 11 rumah masyarakat yang belum mendapatkan fasilitas listrik di Dusun Sigalapang Desa Meranti Timur. PLTS jenis Rooftop ini menggunakan alokasi dana CSR/TJSL Inalum dengan maksud mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yaitu Energi Bersih dan Terjangkau, juga sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk mendukung program transisi energi yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo.

PT Inalum telah melakukan berbagai upaya guna mendorong akselerasi transisi energi konvensional ke energi baru terbarukan (EBT) , Selasa, (20/12/2022).

Sebelumnya Inalum telah melakukan survey secara bertahap sejak 28 Maret 2022 kepada masyarakat Desa Meranti Timur, kemudian hasil survey dengan dibantu pemerintah desa setempat didapat ada sebanyak 11 rumah yang memenuhi persyaratan untuk diberikan hibah bantuan PLTS yang belum mendapatkan fasilitas listrik.

Pada Sosialisasi Pelatihan & Perawatan Instalasi Listrik Tenaga Surya yang dilakukan pada Selasa 20 Desember 2022 lalu di Desa Sigalapang, Meranti Timur dihadiri langsung oleh perwakilan dari PT Inalum (Persero), Zainudin Iqbal Sidabutar selaku Vice President CSR/TJSL PT Inalum (Persero), ada juga F.Z Nando Purba dan Edison Sitorus sebagai desainer proyek PLTS dan tim pendukung lainnya. 

Vice President CSR/TJSL Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi dalam sambutannya mengatakan “tidak terasa menjelang penghujung tahun ini kita sudah sampai tahap penyelesaian pemasangan instalasi PLTS, diharapkan menjelang natal dan tahun baru ini amang inang (bapak dan ibu) bisa menikmati listrik PLTS bantuan dari Inalum. Kami berharap dengan adanya bantuan dari Inalum ini bisa bermanfaat kepada amang inang sehingga dusun kita ini bisa terang benderang di waktu malam hari, tidak lagi gelap seperti sebelumnya.

Kami mengimbau kepada para perangkat desa, amang inang tolong nanti bantuan kita ini dapat dijaga dengan sebaik-baiknya. Terima kasih buat amang inang yang sudah meluangkan waktunya untuk datang ke acara sosialisasi ini. Horas!! Pungkas Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi.

Sejauh ini, pemasangan PLTS Jenis Rooftop sudah terinstalasi di atas atap rumah warga. 

Kepala Desa Meranti Timur mengucapkan terimakasih kepada Inalum yang sudah membantu masyarakat Dusun Sigalapang dalam memberikan bantuan PLTS ini.

 “Terima kasih kepada Inalum yang sudah memberikan warga kami bantuan PLTS dan kami sudah merasakannya, kemudian acara kita pada hari ini pertama kita ucapkan terima kasih kepada Tuhan, atas nama warga dusun Sigalapang kami mengucapkan terima kasih banyak. Kami doakan agar Inalum semakin maju sehingga kita pun untuk berikutnya tetap dapat merasakan bantuan atau perhatian inalum selanjutnya. Itulah kira kira yang dapat saya sampaikan. Kemudian nanti Inalum akan menjelaskan tentang bagaimana cara pemakaian PLTS ini, terima kasih.” terang Sarumpaet Kades Meranti Timur.

Pangoluan Siahaan, penerima bantuan Hibah PLTS menyampaikan banyak terima kasih kepada Inalum yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Dusun Sigalapang. Sekali lagi, kami dari masyarakat dusun VI banyak mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak yang telah memberikan penerangan kepada kami terlebih lebih kepada pegawai Inalum yang sudah memperhatikan masyarakat Desa Meranti Timur, pungkas Pangoluan Siahaan. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama